1. Layanan Anak

Layanan Anak merupakan layanan penyediaan koleksi yang di peruntukkan untuk anak-anak yang dapat diakses dan dipinjam secara gratis oleh pemustaka.

2. Layanan BANK BUKU

Layanan ini merupakan fasilitasi Perpustakaan Kota Yogyakarta bagi masyarakat untuk dapat mendonasikan buku yang selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat luas yang membutuhkan.

3. Layanan BELINDA (Blind Corner untuk Anda)

Layanan Belinda merupakan layanan penyediaan bahan pustaka dan sarana membaca yang kodusif bagi penyandang tunanetra dan low vision agar memperoleh akses informasi dan komunikasi

4. Layanan BILI (MOBIL KELILING)

Layanan Mobil Keliling ditujukan untuk menjangkau Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

5. layanan Internet

Perpustakaan Kota Yogyakarta menyediakan 2 unit PC di lantai 1  pada perpustakaan Kotabaru dan 1 buah pada perpustakaan Pevita yang dapat digunakan untuk mengakses beragam informasi melalui internet. Adapun prosedur penggunaannya cukup dengan mendaftarkan diri/mengisi buku pelayanan internet dan menggambil kartu antrian. Karena keterbatasan PC dan banyaknya pemustaka yang memanfaatkan layanan ini, waktu yang diberikan untuk mengakses internet dibatasi hanya satu jam untuk satu kali mendaftar.

6. Layanan JAMILA(Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan ke Pemustaka)

Layanan Jamila adalah layanan berupa penghantaran buku kepada pemustaka di wilayah Kota Yogyakarta.

7. Layanan Keanggotaan

Layanan keanggotaan merupakan layanan pembuatan kartu anggota diberikan kepada Masyarakat Kota Yogyakarta di wilayah DIY.  Dengan mendaftar sebagai anggota perpustakaan, pemustaka bisa menikmati seluruh layanan yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

8. Layanan LOLITA (Layanan Online Perpanjangan Peminjaman Koleksi Pustaka)

Layanan Lolita adalah layanan perpanjangan peminjaman buku secara online melalui WA resmi Perpustakaan Kotabaru dan Perpustakaan Pevita.

9. Layanan MONIKA (Mobil Internet dan Perpustakaan Kewilayahan)

Layanan Monika ditujukan untuk menjangkau Sekolah, Kecamatan, Kelurahan dan area publik yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. 

10. Layanan PANDORA (Pendaftaran Anggota Online Perpustakaan Kota Yogyakarta)

Layanan Pandora adalah layanan pendaftaan anggota perpustakaan secara Online melalu website Perpustakaan Kota Yogyakarta. Dengan Pandora, pendaftaran anggota perpustakaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. untuk mendaftar silahkan klik disini

11. Layanan Penelusuran Koleksi (OPAC)

Berupa layanan penelusuran koleksi melalui katalog koleksi Perpustakaan Kota Yogyakarta yang dapat di akses secara online. untuk mengakses katalog perpustakaan kota bisa klik disini

12. Layanan Perpustakaan Digital

Layanan perpustakaan digital perpustakaan kota Yogyakarta di beri nama E-Library YK, Perpustakaan Digital “e-Library YK” adalah aplikasi mobile perpustakaan berbasis media social untuk menyimpan data, buku, gambar, dan suara dalam bentuk file ektronik, dilengkapi dengan reader dan DRM (digital right management) untuk membaca dan mengelola bahan pustaka elektronik, dan fungsi media sosial sehinga dapat diakses melalui Smartphone, Tablet, Laptop dan Desktop berbasis o/s Android dan Windows. di dalamnya berisi beragam koleksi digital dari koleksi umum hingga koleksi anak, untuk mengakses layanan perpustakaan digital bisa klik disini.

13. Layanan Pinjam Paket

Merupakan layanan yang ditujukkan kepada instansi menggunakan mekanisme tertentu dan dengan surat perjanjian pinjam paket dengan masa pinjam 3 bulan.

14. Layanan PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak)

Layanan PISA ini bertujuan menyediakan informasi yang yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan  menyediakan lembaga yang mengintegrasikan berbagai informasi yang layak anak.

15. Layanan PUSPITA (Perpustakan Alternatif Kewilayahan)

Layanan Motor Keliling Puspita ditujukan untuk menjangkau Taman Kanak-Kanak, PAUD, instansi wilayah dan area publik yang berada di wilayah Kota Yogyakarta.

16. Layanan RAISA (Ruang Diskusi Bersama)

Layanan Raisa ditujukan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat atau kelompok penggiat literasi yang berada di wilayah Kota Yogyakarta.

17. Layanan Referensi

Layanan referensi merupakan layanan penyediaan koleksi referensi berupa kamus, ensiklopedi, direktori dan lain sebagainya

18. Layanan SAPARATU (Sarana Peminjaman dan Pengembalian Buku Tanpa Turun dari Kendaraan)

Layanan Saparatu adalah layanan peminjaman dan pengembalian buku tanpa harus turun dari kendaran. Pemustaka bisa menikmati layanan ini melalui loket khusus Saparatu yang ada di Perpustakaan Kotabaru.

19. LAYANAN SIRKULASI (Layanan Peminjaman Buku dan Pengembalian buku)

Layanan ini dilaksanakan dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota dan identitas diri. Masa peminjaman buku adalah 1 minggu dan dapat diperpanjang 1 kali.

20. Layanan SISKA (Sistem Interaksi Pemustaka dan Pustakawan)

Layanan Siska adalah layanan interaktif pemustaka dengan pustakawan di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Siska akan menerima saran, masukkan serta usulan berkaitan dengan sarana prasarana dan kebutuhan koleksi perpustakaan. untuk mengakses layanan Siska bisa klik disini

21. Layanan STARLA (Story Telling Anak Online Perpustakan Kota Yogyakarta)

Starla adalah Story Telling Anak yang disajikan secara online melalui Channel Youtube Perpustakaan Kota Jogja. Melalui Starla diharapkan mampu meningkatkan kegemaran membaca pada anak sejak usia dini.

22. Layanan TAMARA (Taman Masyarakat Sambung Rasa)

Merupakan layanan outdor bagi para pengunjung guna mengakses internet perpustakaan kota yogyakarta.

23. Layanan TALITA (Wisata Literasi)

Kegiatan Talita adalah kegiatan wisata literasi yang diadakan di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan Perpustakan Kota Jogja kepada pemustaka berupa pendidikan pemustaka, story telling dan tour keliling perpustakaan.

24. Layanan WIFI
Perpustakaan Kota Yogyakarta melengkapi fasilitas bagi pengunjung dengan wifi area yang dapat diakses secara gratis. Pemustaka dapat menghubungi pustakawan untuk memperoleh akses wifi guna menikmati layanan wifi di area dalam maupun luar perpustakaan.