Tingkatkan Pemahaman Masyarakat tentang Naskah Kuno, DPK Selenggarakan Sosialisasi

Naskah Kuno merupakan warisan budaya yang patut kita jaga kelestariannya. Salah satu upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta adalah dengan Sosialisasi Identifikasi Naskah Kuno kepada masyarakat. Sosialisasi dilaksanakan Selasa, 10 September 2024, di kelurahan Gunungketur.

Kepala Bidang Pengembangan Bahan Pustaka, Pembinaan Perpustakaan dan Data Informasi, Rikardo Putro Mukti Wibowo, M.BA. dalam sambutannya mengatakan sosialisai ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang naskah kuno dan pentingnya naskah kuno.

Dalam kesempatan itu juga beliau menjelaskan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sedang membangun Pusat Unggulan Naskah Kuno yang diberi nama Gantari. Pusat unggulan ini memberikan akses bagi masyarakat yang ingin mendalami naskah kuno.

Narasumber pada sosialisasi kali ini yakni Dhian Novitasari, S.Pd. dari Komisi D DPRD Kota Yogyakarta membawakan materi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan naskah kuno dan narasumber kedua Muhammad Bagus Febriyanto dengan materi upaya kolaboratif merawat naskah merawat peradaban.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat akan mampu berperan aktif dalam pelestarian naskah kuno dengan cara mendaftarkan naskah kuno yang ada di masyarakat ke Perpustakaan Nasional melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.