Tingkatkan Pengelolaan Naskah Kuno, DPK Kota Yogyakarta Selenggarakan Workshop Filologi

Rabu, 21 Agustus 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Filologi Bagi Pustakawan bertempat di ruang Wijayakusuma, Taman Budaya Embung Giwangan Yogyakarta. Kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Bahan Pustakan, Pembinaan Perpustakaan, Data dan Sistem Informasi Perpustakaan Rikardo Putro Mukti Wibowo, S.STp., MBA.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal sekaligus bekal bagi para pustakawan dalam mengelola naskah kuno yang ada di Kota Yogyakarta. Workshop ini sekaligus rangkaian kegiatan dalam program Pengarusutamaan Naskah Kuno di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh pustakawan dan arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sejumlah 25 orang. Narasumber pada workshop kali ini adalah Dr.  Sri Ratna Saktimulya, M.Hum. Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Dalam pemaparannya beliau menjelaskan tentang apa itu filologi, ruang lingkup filologi serta apa saja tugas filolog. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktek. Peserta workshop diajak untuk melakukan pendeskripsian naskah kuno serta melakukan transliterasi naskah kuno beraksara jawa.

Harapannya melalui kegiatan Workshop ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Yogyakarta akan mampu mengarusutamakan, melestarikan, mengelola, dan mengembangkan koleksi naskah kuno yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan ilmu pengetahuan yang tinggi.