Ajak Anak Tingkatkan Nilai Perjuangan, DPK Kota Yogyakarta Selenggarakan Nonton Bareng FIlm

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sebagai salah satu perangkat daerah yang mendukung Unit KORPRI di Kota Yogyakarta melaksanakan beberapa kegiatan dalam upaya peningkatan literasi nilai perjuangan di Kampung Karangkajen yang merupakan Kampung Bhakti Pengemban Praja Korpri.

Sebagai implementasi misi meningkatnya literasi dan meningkatnya pengembangan sosial budaya melalui internalisasi nilai-nilai perjuangan salah satunya dilaksanakan  melalui pembuatan Film Pendek tentang tokoh besar Muhammadiyah  Abdur Rozak Fachruddin atau dikenal dengan Pak A. R.

Film pendek tentang A.R. Fachruddin merupakan interpretasi dari buku yang berjudul Pak A.R. dan Jejak-Jejak Bijaknya karya Haidar Musyafa yang diterbitkan Imania tahun 2020. Film tersebut menceritakan kisah-kisah inspiratif dari kehidupan pribadi dan kehidupan beliau dalam memimpin Muhammadiyah.

 Film berdurasi kurang lebih 18 menit ini diproduksi dan diperankan oleh pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dan mengambil latar belakang atau lokasi di Masjid Jami’ Karangkajen dan beberapa kampung di Kota Yogyakarta. Terselesaikannya film pendek ini hasil kolaborasi dan dukungan  banyak  pihak yaitu dari Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Yogyakarta (Aman Yuriadijaya, M.M), Keluarga Besar A.R Fachruddin, Penulis Buku Pak A.R. dan  Jejak-Jejak Bijaknya (Haidar Musyafa), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Yogyakarta serta pihak terkait lainya.

Terkait film tersebut Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyampaikan harapannya agar film ini memberikan inspirasi, motivasi, pembelajaran serta ketauladanan bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya dalam membangun bangsa Indonesia.

Selanjutnya, untuk memberikan peningkatan literasi dan nilai perjuangan untuk masyarakat di Kampung Karangkajen, maka dilaksanakan nonton bareng film A.R. Fachruddin pada tanggal 14 Agustus 2024  bersama santri TPA Masjid Jami’ Karangkajen dan Perangkat Daerah/Unit Kerja dan Instansi terkait lainnya dengan jumlah 60 orang.

Pada sambutannya Lurah Brontokusuman Maryanto memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta serta stakeholder yang telah mendukung pembuatan film Pak A.R. Fachruddin. Sementara Kepala Bidang Pengelola Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca Nunun Zulaikha memberikan motivasi kepada peserta untuk dapat meneladani sifat-sifat positif dari pak A.R. dan ajakan meningkatkan kegemaran membaca melalui pemanfaatan buku di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

 Film ini juga akan di tayangkan dalam layanan Story Teling Anak Online Perpustakaan Kota Yogyakarta (Starla) di media sosial Youtube Perpustakaan Kota Yogyakarta. [Ank]