Serunya Berkreasi Manik-Manik di Perpustakaan Kota Yogyakarta

Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (SASKIA) kali ini diselenggarakan bersamaan dengan liburan akhir tahun ajaran. Meskipun kegiatan ini diadakan secara rutin setiap bulan, kegiatan ini menghadirkan tema yang beragam yang inovatif dan menarik di setiap bulannya. Hal ini menjadikan kegiatan ini diminati oleh anak-anak di Kota Yogyakarta.
Kegiatan SASKIA bulan ini mengambil tema Kreasi Manik-Manik. Manik-manik yang kecil dan berwarna-warni dipilih karena manik-manik dapat dijadikan berbagai jenis perhiasan dan berbagai kerajinan tangan yang cantik, menarik, dan mudah dibuat.
Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 20 Juni 2024 di Perpustakaan Pevita Jl. Mayjen Sutoyo No. 32, Mantrijeron. kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta terdiri terdiri dari siswa kelas 4-6 SD/MI dan SMP/MTs di Kota Yogyakarta. Dalam kegiatannya Pustakawan bertugas sebagai fasilitator dan pendamping kegiatan serta membantu peserta dalam mengembangkan ide dan kreativitas mereka dalam membuat karya.

Selain membantu peserta berkreasi dengan manik-manik, pustakawan juga memberikan pengenalan tentang perpustakaan dan cara memanfaatkan layanan serta sumber informasi yang tersedia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta serta memperkuat peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran sepanjang hayat dan wahana rekreasi yang bersifat edukatif. Diharapkan masyarakat dan anak-anak pada khususnya dapat memanfaatkan waktu luang atau liburan mereka dengan mengunjungi dan mengikuti kegiatan di perpustakaan kota. Dengan demikian, masyarakat dapat terus mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas pribadi mereka, menjadi individu yang berwawasan, terampil, dan berakhlak.[Ank]