Pemerintah Kota Yogyakarta Raih Peringkat I Nasional dalam Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024

Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 dilaksanakan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang dimulai dari tanggal 28 sampai 30 Mei 2024 di Hotel Mercure Samarinda, Jl.Mulawarman  No.171, Pelabuhan, Samarinda, Kalimantan Timur. Hari Kearsipan ke- 53 tahun 2024 mengangkat tema “ Sustainable Archiving for the Best Future ( Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Terbaik)”. Acara diharidi  lebih dari 1.000 peserta yang berasal dari komunitas Kearsipan  di instansi pemerintah pusat, provinsi/kabupaten/kota, Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) dan Perguruan Tinggi.
Beberapa kegiatan dalam acara peringatan Hari Kearsipan ke 53 meliputi Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan, Rapat Koordinas Hasil Pengawasan Kearsipan, Penghargaan Anugrah Kearsipan, Penyerahan sertifikat akreditasi kearsipan, parade Memori Koleftif Bangsa, dan Pameran one stop service ANRI dan UMKM Kalimantan Timur.
Hari Pertama dimulai dengan Pembukaan Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024 dalam rangka Peringatan Hari Kearsipan ke 53 yang di hadiri oleh Pelaksana tugas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Sekretaris Utama Arsip Nasional Repubik Indonesia, Deputi Bidang Pembinaan ANRI, Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian, dan Lembaga Pemerintah Provinsi Kabupaten dan Kota. Sebelum acara dimulai Pembawa Acara menyampaiakan amanat Presiden Repulik Indonesia bahwa Pengelolaan arsip saat ini harus menggunakan cara-cara baru, memanfaatkan teknologi digital, dan harus dapat meningkatkan kemajuan,berinovasi, dan beradaptasi dengan teknologi sehingga dapat memberikan kotribusi besar bagi bangsa, dan tentunya dalam momentum hari kearsipan ke 53 melalui kegiatan rapat koordinasi nasional diharapkan penyelenggaraan kearsipan secara nasional dapat terus melanjutkan Gerakan Bersama dengan semangat sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mencapai target yang dituju pada akhir masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo beserta Kabinet Indonesia Maju.
 

Hari kedua dari rangkaian acara Peringatan Hari Kearsipan ke 53 yaitu Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan dan penyerahan penghargaan Kearsipan Tahun 2024. Salah satu Penghargaan yang diberikan adalah anugrah Penghargaan Kearsipan hasil pengawasan Kearsipan Tahun 2023. Pada urutan tiga terbaik Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dengan Kategori sangat Memuaskan Pemerintah daerah Kota Batu sebagai peringkat ketiga, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman sebagai peringkat kedua, dan Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta dengan nilai 95,38 sebagai peringkat pertama. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kaarsipan Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana, M.Pd menerima piagam penghargaan yang diserahkan oleh  Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto didampingi oleh Staf ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Drs.H.Jufri Rahman, M.si.
Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 di Samarinda ini menjadi momen penting bagi seluruh insan kearsipan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam praktik kearsipan demi masa depan yang lebih baik. [Lina]