Kunjungan Industri SMK Negeri 2 Kediri Jawa Timur di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta

Rabu, 22 Mei 2024 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menerima kunjungan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Kediri. Rombongan yang diketuai oleh Ketua Kelompok Kerja Kunjungan Industri dan PKL, Sugeng Prayuga, S.Pd di terima oleh Tedi Saparian, S.E., selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Kearsipan. Seluruh siswa dan pendamping yang semuanya berjumlah 75 orang terdiri dari siswa jurusan Manajemen Perkantoran dan jurusan Akuntansi. Tujuan Kunjungannya adalah upaya sekolah menyiapkan peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia yang dapat menyiapkan diri, beradaptasi dengan dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus konsentrasi yang dibutuhkannya. Jurusan Manajemen Perkantoran dan Jurusan Akuntansi memiliki konsentrasi keahlian yang sangat dekat dengan Bidang kearsipan, sehingga sangat sesuai saling terkait dan bersinergi, yang meliputi pekerjaan diantaranya tentang: Surat Menyurat, Kearsipan, Otomatisasi Perkantoran, Pertemuan dan Rapat,  Informatika, Pengelolaan Keuangan Sederhana, Humas dan Keprotokolan, Korespondensi, Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah,  Akuntausi Keuangan, dan Pajak. 

Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan/ Lembaga Kearsipan Daerah Kota Yogyakarta, memiliki dua bidang pekerjaan di bidang Kearsipan, yaitu Bidang I Pengelolaan dan Pengembangan Kearsipan dan Bidang II yaitu Bidang Perlindungan Penyelamatan Pembinaan dan Data Sisitem Informasi Kearsipan, dan memiliki tugas serta fungsi pokok mengelola arsip inaktif dan arsip statis sebagai Unit Kearsipan I Pemerintah Kota Yogyakarta.  Dalam kunjungan industri kali ini, Dinas perputakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta berperan sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kota Yogyakarta, memberikan paparan materi tentang Profil DPK dengan Tema Pengolahan Arsip Inaktif, Alih Media Arsip Foto, dan Restorasi. Pemaparan materi profil kegiatan DPK Kota Yogyakarta disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Data dan Sistem Informasi Kearsipan oleh Sapto Wasono, S.S.T.Ars. 

Teknis penyelenggaraan kegiatan Kunjungan Industri SMKN 2 Kota Kediri, diawali penerimaan Rombongan di Ruang Rapat Arya dengan rangkaian acara : pembukaan, penyampaian maksud dan tujuan kedatangan, Sambutan Kepala Dinas/Kepala Bidang, paparan profil DPK Kota Yogyakarta, penutup dan doa kemudian diakhiri dengan safari kearsipan dan sesi foto bersama. Kelompok dibagi menjadi 2 kelompok 1 terdiri siswa jurusan Manajemen Perkantoran beserta pendamping, dan kelompok 2 terdiri siswa jurusan Akuntansi beserta pendamping, sebanyak 75 orang pengunjung.  Secara bergantian kelompok 1 dan kelompok 2 mendapatkan seremonial acara penyambutan dan  pengarahan pimpinan,  pemutaran   video profil dan kegiatan DPK Kota Yogyakarta, kemudian dilanjutkan safari kearsipan dipandu oleh petugas yang bertugas layanan hari ini. [NNG]