Anindhita dan Altaf, Wakili Kota Yogyakarta dalam Lomba Bertutur Tingkat Provinsi DIY Tahun 2024

Senin, 29 April 2024, telah dilaksanakan babak final Lomba Bertutur Siswa SD/MI se-Kota Yogyakarta. Babak final Lomba Bertutur kali ini dilaksanakan di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Jalan Letjend Soeprapto Nomor 33 A, Ngampilan. Peserta terdiri dari 10 orang peserta kategori putra dan 10 orang kategori putri yang sebelumnya telah melalui babak penyisihan pada tanggal 22 Februari 2024.

Cerita yang dapat dibawakan adalah cerita rakyat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah dibukukan. Lama bertutur dengan durasi cerita tujuh sampai dengan sepuluh menit. Komponen penilaian terdiri dari penampilan, cara dan teknis bertutur, penguasaan materi, dan skill bertutur.

Juri Lomba bertutur pada kali ini merupakan pegiat dongeng dan budaya yakni Kak Bimo (Bambang Bimo Suryono), Bunda Cahaya (Sri Meidiana) dan Bunda Likah (Nur Sholikah). Juara lomba bertutur kali ini yakni Anindhita Permatasari Ramadhani dari SD Muhammadiyah Sapen 1 dengan membawakan cerita yang berjudul “Goa Kiskendo” dan total nilai 2696 Sedangkan juara kategori putra adalah Altaf Jaddan Adzaro dari SD Muhamadiyah Sapen 2 dengan membawakan cerita yang berjudul “Ki Ageng Paker” dan mendapatkan total nilai 2622. Selanjutnya para juara dari masing-masing kategori akan mewakili Kota Yogyakarta di Lomba serupa tingkat Provinsi DIY.

Dalam kesempatan kali ini juga dilaksanakan penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan kepada 11 sekolah SD/SMP/Mts yang telah mengikuti penilaian akreditasi perpustakaan sekolah di tahun 2023. Sertifikat akreditasi diserahkan langsung oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta kepada Kepala Sekolah atau perwakilan sekolah.

Melalui kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan kegemaran membaca pada generasi muda dan pelestarian budaya daerah atau local, dan semoga wakil kota yogyakarta yang terpilih dapat menorehkan prestasi pada lomba serupa tingkat provinsi hingga nasional [Ank]