Mengenal Bentuk dan Media Arsip

 Sebagaimana disebutkan dalam pasal 1 Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang  Kearsipan dijelaskan mengenai pengertian arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, 

 Organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pada salah satu point yang tercantum dalam pengertian diatas yaitu “dalam berbagai bentuk dan media” maka dapat kita tangkap bahwa arsip itu memiliki berbagai bentuk dan media. Hal ini tidak seperti yang selama ini kita ketahui atau masyarakat awam ketahui bahwa pemahaman arsip hanya sebatas tumpukuan surat-surat atau dokumen dalam bentuk kertas. Oleh karena itu untuk lebih memahami arti penting sebuah arsip maka kita harus mengenal berbagai macam bentuk dan media arsip itu sendiri.
Berikut ini macam-macam bentuk dan media simpan arsip yang bisa kita pelajari diantaranya :
1.    Arsip Tekstual
    Arsip tekstual adalah arsip yang berupa teks atau gambar/simbol atau numeric/angka yang tertuang dalam kertas. Dalam istilah lain arsip ini juga biasa disebut paper records/paper based records, conventional records, human readable  records, eye readable records, hard copy.

 

Arsip Tekstual

2.    Arsip Audio-Visual (arsip pandang-dengar)
Arsip Audio-visual merupakan arsip yang dapat dilihat dan didengar berupa gambar statik/foto/still image, citra bergerak/moving image. Contohnya adalah foto, film, kaset video, dll.

Arsip Film

Arsip Video Kaset

Arsip Kaset Rekaman Suara

Arsip Rekaman Suara Piringan Hitam

Arsip Foto

3.    Arsip Kartografik dan Kearsitekturan
Arsip kartografi dan kearsitekturan adalah arsip berbasis kertas tetapi isinya memuat gambar grafik, peta, denah, maket, gambar arsitek, atau gambar teknik lainnya, Karena bentuknya unik dan khas maka dibedakan dari arsip berbasis kertas pada umumnya.

 

Arsip Kartografi / Peta
 

Arsip Kearsitekturan

4.    Arsip Elektronik
    Arsip elektronik adalah arsip yang dihasilkan oleh teknologi informasi perangkat elektronik. Dalam istilah lain arsip ini juga biasa disebut (electronic records/electronic based records/computer records/machine readable records, digital records, soft copy).

 

Magneto Optical Disk 

Flash Disk dan Magneto Optical Disk

5.    Arsip Ephemera
Jenis arsip ini merupakan jenis arsip yang khusus dalam bentuk tiga dimensi sehingga terkadang juga disamakan dengan benda-benda artefak atau benda-benda peninggalan yang disimpan di museum seperti stempel, poster, vandel, piagam penghargaan, barang kenang-kenangan, dll.

  

Piala

 

Vandel / Barang Kenang-kenangan

[Spt]