Membangun Lingkungan Kerja Sehat dan Asyik, DPK Selenggarakan Kegiatan Diskusi Buku

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta berupaya untuk mendorong dan memberikan penguatan kepada segenap pegawai Perpustakaan Kota Yogyakarta untuk mewujudkan pergaulan yang sehat, hangat, dan mengasyikkan di lingkungan kerja. Upaya tersebut dilaksanakan melalui diskusi buku “Menasihati Tanpa Menggurui: Seni Membangun Pergaulan Sehat dan Asyik” yang dilaksanakan pada Rabu, 20 Maret 2024 di Perpustakaan PEVITA. Kegiatan diskusi buku kali ini cukup berbeda karena dilaksanakan pada Bulan Ramadhan. Diikuti oleh pegawai Perpustakaan Kota Yogyakarta yang terdiri dari pustakawan, penelaah teknis kebijakan, pengadministrasi perkantoran, dan tenaga teknis dengan jumlah peserta 60 orang.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana M.Pd menyampaikan dalam membangun pergaulan sehat, kita harus mengedepankan komunikasi yang efektif. “Komunikasi sangat berpengaruh terhadap respon dan hubungan dalam bersosialisasi baik itu di lingkungan kantor maupun di masyarakat. Perlu untuk menjaga lisan dengan cara berpikir dahulu sebelum berbicara” terang Afia.
Sementara itu, Amanda Murtiningtyas, M.Psi (psikolog) selaku narasumber menyampaikan materi dengan sub tema “Seni Membangun Pergaulan yang Sehat dan Asyik”. Dalam pemaparannya, Amanda menyampaikan pentingnya memahami karakter seseorang, cara berkomunikasi dan membuat jalinan penguat dalam seni membangun pergaulan sehat dan asyik. Dalam menyampaikan nasihat, seseorang harus memahami kondisi rekan bicara dan menyampaikan melalui kalimat positif juga mencari waktu yang tepat. “Kalau mau menasihati, kita harus melakukan klarifikasi terlebih dahulu terhadap apa yang mau kita kritik. Selaraskan juga antara ucapan dengan perbuatan, jangan kita menasihati tetapi kita juga melakukan. Sampaikanlah kepada orang yang bersangkutan, namun jangan didepan umum. Selain itu, cobalah untuk mengawali dengan maaf meskipun kita tidak melakukan kesalahan dan akhiri dengan ucapan termakasih.” Ujar Amanda.
Dilanjutkan oleh Ustad Puji Hartono selaku narasumber kedua menyampaikan materi dengan sub tema “Pergaulan Dalam Pandangan Islam”. Ustad Puji menyampaikan untuk melestarikan hubungan baik dengan siapapun, tidak cukup hanya dengan teori, namun harus dipraktekkan setiap hari. Komunikasi dan kesabaran juga menjadi kunci untuk menjalani hubungan yang baik dengan siapapun. Selain itu, beliau mengajak peserta untuk berdoalah kepada Allah supaya diberikan hati yang halus, peka dan penuh empati agar dapat menjalin hubungan baik dan bahagia dengan semua orang.”
Dari kegiatan tersebut, diharapkan terjalin rasa kekeluargaan di lingkungan kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, hingga akhirnya akan dapat menopang instansi menjadi sebuah lembaga yang kuat, humanis, dan saling mendukung pada kebaikan. [fcs]