Close Meeting Kegiatan SAGITA Tahun 2024

Hari Jumat, tanggal 1 Maret 2024 telah dilaksanakan close meeting kegiatan SAGITA (Satuan Tugas Arsip Kota Yogyakarta) yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta. Kegiatan close meeting ini dilaksanakan di dua lokus kegiatan yakni Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Kota Yogyakarta. Di kedua lokus kegiatan ini telah dilaksanakan kegiatan pendampingan penataan arsip yang dilakukan oleh arsiparis dari DPK Kota Yogyakarta bersama pengelola arsip di unit pengolah maupun di unit kearsipan selama 10 hari berturut-turut.  

Pada kegiatan close meeting yang berada di BPBD, dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD, Drs Nurhidayat, M.Si. Dalam paparannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada DPK Kota Yogyakarta karena BPBD berkesempatan menjadi target pendampingan penataan arsip melalui kegiatan SAGITA. Beliau juga menyampaikan bahwa arsip merupakan hal yang penting dan urgent, serta melekat pada setiap individu pegawai. Pemeriksaan pengawasan clue-nya ada di arsip. Arsip merupakan jantungnya kehidupan kita. Program BPBD saat ini tiap jumat harus menata arsip. Yang menjadi urgensi juga adalah perlindungan arsip. Harapannya arsip dapat menjadi roh setiap pegawai.

Selanjutnya dari DPK, diwakili oleh Nunuk Dwi Hastuti Setyawati, S.S., M.Acc. (Arsiparis Ahli Madya DPK Kota Yogyakarta), menyampaikan bahwa melalui kegiatan SAGITA, arsiparis di Lembaga Kearsipan Daerah telah melaksanakan transfer knowledge berupa penataan arsip aktif dan pemilahan arsip inaktif. Pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penataan arsip aktif dan vital, pengolahan arsip inaktif regular, serta arsip BTT (Bantuan Tidak Terduga). Hasil yang didapat adalah daftar arsip aktif, daftar arsip vital, daftar arsip inaktif, dan BA pemindahan arsip dari Unit Pengolah ke Unit Kearsipan. Rekomendasi setelah kegiatan ini adalah penataan arsip aktif, vital, dan pengolahan arsip inaktif untuk dapat dilanjutkan.

Sementara itu, close meeting di Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta dimulai kurang lebih pukul 13.00 WIB. Close meeting dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Kearsipan, Tedi Saparian, S.E. Beliau menyampaikan bahwa semoga dengan telah terlaksananya SAGITA, Kemantren Tegalrejo yang tahun lalu peringkat ke-44 dalam pengawasan kearsipan, tahun ini dapat mencapai nilai yang memuaskan. Selanjutnya pendampingan akan diteruskan oleh arsiparis pendamping pengampu. [YAS]