Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Tahun 2024

Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini BKPSDM Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Dinamis, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 13 Februari 2024 Pukul 08.00 WIB sampai dengan Pukul 16.00 WIB, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Afia Rosdiana, M.Pd., di Forriz Hotel Yogyakarta Jl. Hos Cokroaminoto No. 60 Yogyakarta. Beliau menekankan kepada seluruh peserta Bimtek untuk mengikuti dari awal sampai akhir acara dengan memperhatikan apa yang disampaikan oleh Para Narasumber, yang nantinya dapat diimplementasikan dalam pengisian Form Pengawasan Kearsipan Internal tahun 2024 ini.

Pelaksanaan Bimtek Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis ini menampilkan Tiga Narasumber Arsiparis Ahli Madya, yang pertama Irwan Ismail, S.H., dengan tema Penciptaan dan Penggunaan Arsip; Narasumber yang kedua Suminarti, SIP., dengan tema Pemeliharaan dan Penyusutan Arsip; dan yang ketiga Nunuk Dwi Hastuti S., S.S., M.Acc., dengan tema Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sarana Prasarana Kearsipan.

Dari masing-masing narasumber diberikan waktu untuk tanya jawab, dan hasilnya banyak yang mengajukan pertanyaan, sehingga pelaksanaan bimtek terasa hidup dan menarik. Tujuan diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Dinamis adalah dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Pengawasan Kearsipan Internal.

Peserta Bimtek mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir acara, dan di akhir acara diberikan Evaluasi Postest dengan melalui Computer Assisted Test (CAT) di JSS, dan peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan Sertifikat. [Pure]