Kuatkan Literasi Masyarakat, DPK Kota Jogja Lakukan Kunjungan ke Salatiga

Jumat, 8 Desember 2023 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar dan membuka wawasan dalam peningkatan literasi masyarakat khususnya melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.
Sebagai ketua rombongan Afia Rosdiana, M.Pd, beserta 11 orang yang terdiri dari struktural dan fungsional pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Sri Sarwanti, S.H, M.Si  beserta jajarannya.


Dalam kunjungan tersebut Sri Sarwanti menjelaskan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga melakukan banyak kegiatan yang bermuara pada peningkatan masyarakat salah satunya pemberdayaan komunitas disabilitas Tuna Wicara melalui kegiatan Pelatihan Bartender. Salah satu dampak yang dirasakan adalah keberhasilan disabilitas Tuna Wicara memiliki keterampilan meramu kopi dan berhasil mendistribusikan melalui Cafe Hening yang ada di area perpustakaan. Hal lainnya yang dipelajari adalah telah dilaksanakan pemilihan Duta Baca Pelajar. Dengan adanya Duta Baca Pelajar yang terpilih, dapat memberikan motivasi, ajakan dan praktik baik kepada teman-temannya agar memiliki kecintaan membaca. 
Dengan kunjungan tersebut, diharapkan Dinas Perpustakaan Kota Yogyakarta dapat menyelenggarakan kegiatan yang meningkatkan literasi masyarakat serta menyajikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. [Ank]