Gedung Panti Asuhan Wiloso Projo Kota Yogyakarta Pada Tahun 1956

Gedung Panti Asuhan Wilosoprojo Kota Yogyakarta pada tahun 1956, di bangun di atas lahan tanah yang luas dan lapang, terletak di Kampung Penumping JT.3/211, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Gedung Panti Asuhan Wilosoprojo Yogyakarta ini dibangun untuk menampung dan merawat anak-anak  khusus dari keluarga yang tidak mampu, diutamakan anak-anak yatim, piatu atau yatim piatu. 

Panti Asuhan Wilosoprojo Kota  Yogyakarta adalah salah satu Panti Asuhan milik Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta di bawah naungan langsung Dinas Sosial Kota Yogyakarta. Biaya perawatan dan biaya pendidikan untuk anak asuh di bebankan pada anggaran APBD Pemerintah Daerah  Kota Yogyakarta. 

Gedung Panti Asuhan Wiloso Projo Kota Yogyakarta menggambarkan bahwa pada tahun 1956 Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta dalam bidang sosial sudah mendirikan Panti Asuhan. Tujuan didirikan panti asuhan ini untuk merawat, membiayai pendidikan anak-anak dari keluarga yang tidak mampu, agar dapat melanjutkan pendidikan/sekolah untuk masa depan anak-anak asuh. Namun karena terbatasnya anggaran APBD hanya sampai pada tingkat SLTA sederajat tidak sampai ke perguruan tinggi. [LAS]