RISALAH KEGIATAN  YOGOWES  NAPAK TILAS 76 TAHUN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

Pada Tahun 2023, tepatnya pada tanggal 7 Juni 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta memasuki usia ke 76 Tahun. Serangkaian acara digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Yogyakarta ke 76 Tahun tersebut. Salah satu acara yang digelar adalah “YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta”, merupakan kegiatan bersepeda bersama menelusuri jejak pembangunan Kota Yogyakarta melalui titik-titik / bangunan-bangunan yang pernah dijadikan sebagai Balaikota Yogyakarta atau Kantor Wali Kota Yogyakarta di masa lalu. Kegiatan YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2023 ini dilaksanakan pada Hari Senin, 5 Juni 2023 dan mengambil lokasi start di Ndalem Poenokawan, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti Pj. Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., turut mendampingi adalah Direktur Bank Jogja, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan, Komandan Koramil 13 Ngampilan Kota Yogyakarta, Kepala Kepolisian Sektor Ngampilan Kota Yogyakarta dan Pejabat Lain di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa Ndalem Poenokawan yang menjadi titik kumpul dan lokasi start ini, pernah digunakan sebagai Kantor Wali Kota Yogyakarta mulai dari tahun 1952 – 1956.

Acara YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta ini dimulai kurang lebih pukul 06.45, namun para peserta telah memadati Ndalem Poenokawan sejak pukul 06.00. Peserta acara ini adalah Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta dari berbagai Organisasi Pemerintah Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta. Sekitar pukul 06.45 acara dimulai, bertindak sebagai Pembawa Acara adalah Mugi Suyatno, S.I.P., M.A.P., Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Setelah acara dibuka oleh Pembawa Acara, acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan oleh Pj. Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., dalam arahannya beliau berpesan untuk berhati-hati dan selalu menaati rambu-rambu lalu lintas. Setelah memberikan arahan dan sambutkan selanjutnya Pj. Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., menyerahkan Pataka Kota Yogyakarta kepada Agus Trimadi, S.I.P., M.Acc., selaku Ketua Tim Pembawa dan Pengawal Pataka Kota Yogyakarta, setelah diserahkan Pataka tersebut dipasangkan pada sepeda kumbang yang digunakan oleh Tim Pembawa dan Pengawal Pataka Kota Yogyakarta.  Dengan dikawal Bergodo Suryatmajan Para Peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta diarak menujuk pintu gerbang Ndalem Poenokawan untuk selanjutnya dilepas secara simbolis oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan pelepasan peserta yang dilaksanakan oleh Pj. Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., pada pukul 07.00 wib dengan mengibarkan bendara start Para Peserta berangkat dari Ndalem Poenokawan menuju titik pemberhentian selanjutnya di Sasono Hinggil Dwi Abad, Patehan, Keraton, Yogyakarta. Diperkirakan dari titik awal keberangkatan terdapat 300 peserta yang turut kegiatan menyemarakan YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dari Ndalem Poenokawan, Para Peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta bergerak ke arah barat menyusuri Jalan K.H. Ahmad Dahlan hingga Simpang Empat Ngabean, Selanjutnya berbelok ke kiri menyusuri Jalan K.H. Wahid Hasyim dan Jalan Suryowijayan hingga Simpang Empat Pojok Beteng Kulon dan berbelok ke kiri menyusuri Jalan M.T. Haryono hingga Simpang Empat Gading, kemudian berbelok kiri menysuri Jalan Gading menuju arah Alun-alun Kidul hingga tiba di Sasono Hinggil Dwi Abad pada pukul 07.16 WIB. Selanjutnya Pj. Wali Kota Yogyakarta, Singgih, Raharjo, S.H., M.Ed., bersama rombongan peserta lain dari berbagai OPD Pemerintah Kota Yogyakarta yang diperkirakan berjumlah 300 orang bergabung dengan rombangan dari Ndalem Poenokawan, sehingga diperkirakan terdapat 600 orang yang turut menyemarakan acara YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta. Pada pukul 07.21 WIB diberangkatkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono, dari Sasono Hinggil Dwi Abad menunju titik pemberhentian selanjutnya di Ndalem Notokusuman, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa Sasono Hinggil Dwi Abad, pernah digunakan sebagai Kantor Wali Kota Yogyakarta mulai tahun 1947-1952.  

Berangkat dari Sasono Hinggil Dwi Abad, Para Peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta bergerak ke arah selatan menyusuri Jalan Gading sampai dengan Simpang Empat Gading, kemudian berbelok ke kiri dan menyusuri Jalan Mayjend Sutoyo hingga Simpang Empat Pojok Beteng Wetan dan berbelok ke kiri menelurusi Jalan Brigjend Katamso hingga Simpang Empat Gondomanan, kemudian berbelok ke kanan menelusuri Jalan Panembahan Senopati dan Jalan Sultan Agung, Rombongan kemudian berbelok kiri di Jalan Sewandanan 2 di Komplek Pakualaman. Para Peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta selanjutnya beristirahat sejenak di Alun-alun Sewandanan, Komplek Pakualaman. Tak lama kemudian, tepatnya pada pukul 07.40 Rombongan kembali diberagkatkan oleh Asisten Bidang Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Drs. Kadri Renggono, M.Si., dari Alun-alun Sewandanan menuju Balaikota Yogyakarta, Timoho, Umbulharjo, Yogyakarta. Berangkat dari Alun-alun Sewandanan ini Jumlah Pesera YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta ini bertambah 400 orang sehingga diperkirakan terdapat 1000 orang yang turut memeriahkan acara YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta.

Berangkat dari Alun-alun Sewandanan (depan Puro Pakualaman), Para Peserta bergerak kearah barat menyusuri Jalan Sewandanan dan Jalan Masjid, melewati Ndalem Notokusumo, kemudian Para Peserta berbelok kiri ke Jalan Gajah Mada dan kembali berbelok ke kiri ke Jalan Sultan Agung, Jalan Kusuma Negera, hingga berbelok ke kiri menuju Jalan Ipda Tut Harsono dan kembali berbelok kiri ke Jalan Kenari menuju pintu masuk Balaikota Yogyakarta, Timoho, Umbulharjo, Yogyakarta. Para Peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta finish di Balaikota Yogyakarta Pukul 07.51 WIB. Sampai di Balaikota Yogyakarta Rombongan Peserta disambut Bergodo Suryatmajan dan memarkirkan sepeda di sekitaran Masjid Pangeran Diponegoro, Komplek Balaikota Yogyakarta, selanjutnya Para Peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta mengikuti kirab Pataka Kota Yogyakarta menuju Graha Pandawa, Balaikota Yogyakarta. Sesampainya di depan Graha Pandawa, Balaikota Yogyakarta, Rombongan YoGowes disambut Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta., Drs. Kris Sarjono Sutejo, M.M., dan Pejabat lain di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Pataka Kota Yogyakarta dari Agus Trimadi, S.I.P., M.Acc., selaku Ketua Tim Pembawa dan Pengawal Pataka Kota Yogyakarta kepada Sekretais Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., kemudian Pataka Kota Yogyakarta tersebut diserahkan oleh Sekretais Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., Asisten Bidang Administrasi Umum, Drs. Kris Sarjono Sutejo, M.M., sebagai perwakilan dari Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta. Selanjutnya para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, Tim Pembawa dan Pengawal Pataka serta Para Peserta Yogowes dengan dikawal Bergodo Suryatmajan bersama-sama mengikuti kirab menuju panggung hiburan yang berada di Sisi Timur Halaman Balaikota Yogyakarta untuk selanjutnya beramah-tamah. Sesi ramah-tamah ini para Pejabat, Tim Pembawa dan Pengawal Pataka serta Para Peserta maupun Tamu Undangan diperkenankan untuk menikmati sarapan pagi berupa Soto dari beberapa stand yang telah disediakan oleh panitia, dengan diiringi lagu-lagu dari Symphony Band dan Tari Mangastuti dari Sanggar Blibis Merah Jingga, Sanggar Tari Binaan dari Dinas Pariwisata Yogyakarta.

Setelah sesi ramah-tamah selesai, acara kembali dilanjutkan, bertindak sebagai Pembawa Acara adalah Mugi Suyatno, S.I.P., M.A.P., Analis Kebijakan Ahli Muda, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, selanjutnya ada Chionia Mizerofa Gaby Anjani Aryudi, Finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta Tahun 2023 dan Sri Yuwaningtyas Sukma Putri, Duta Museum Kota Yogyakarta Tahun 2023. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., dalam sambutannya beliau menyampaikan “bahwa usia 76 Tahun bukanlah usia yang muda, untuk itu Pemerintah Kota Yogyakarta harus bisa menjaga proposionalitas kerja, harus mampu membangun kebersamaan dan bekerjasama, serta mampu mewujudkan tatag, teteg dan tutug”. Selanjutnya acara kembali dilanjutkan dengan pengumuman Lomba Gerak Jalan dalam rangka POR KORPRI Kota Yogyakarta Tahun 2023 adapun juara diberikan kepada Bagian Umum dan Protokol Kota Yogyakarta sebagai Juara Harapan II, Dinas Penanaman Modal Kota Yogyakarta sebagai Juara Harapan I, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta sebagai Juara III, Bagian Administrasi Keuangan Kota Yogyakarta sebagai Juara II, dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta sebagai Juara I Lomba Gerak Jalan dalam rangka POR KORPRI Kota Yogyakarta Tahun 2023. Selanjutnya para perwakilan OPD Pemenang Lomba Gerak Jalan dipernankan untuk berdiri didepan panggung untuk menerima hadiah yang diberikan oleh Ketua KORPRI Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M.

Acara  YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta kembali dilanjutkan dengan pengundian doorprize, dimana cukup banyak doorprize yang diberikan mulai dari tumbler, mug, payung, helm sepeda dll, silih berganti para peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta yang mendapatkan undian langsung menuju ke dapan panggung acara untuk mengambil hadiah yang telah disediakan. Setelah menyelesaikan pengundian doorprize acara YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta diakhir pada pukul 09.32, setelah diakhiri oleh Pembawa Acara dengan diiringi lagu-lagu dari Symphony Band, para peserta YoGowes Napak Tilas 76 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta berjoget menikamti lagu yang di bawakan Symphony Band. [06/23, a.n. Tim Peliputan DPK Kota Yogyakarta]