RISALAH KEGIATAN PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA PENJABAT WALI KOTA YOGYKARTA DAN PENJABAT BUPATI KULON PROGO PERIODE 2023-2024

Pergantian Penjabat Wali Kota (Pj.) Kota Yogyakarta dan Penjabat (Pj.) Kabupaten Kulon Progo telah dilaksanakan pada Hari Senin, 22 Mei 2023 di Bangsal Kepatihan Yogykarta. Selama 1 Periode Jabatan (terhitung dari 22 Mei 2022) Kota Yogyakarta dipimpin oleh Sumadi, S.H.,M.H., selaku Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan selanjutnya digantikan oleh Singgih Raharjo, SH.,M.Ed., berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3-1192 Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta. 
Kurang lebih pukul 12.30, Acara Pelantikan dan Serah Terima Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo Periode 2023-2024 dimulai, bertindak sebagai pembawa acara  adalah Voni Indraswari, A.Md., dari Biro Humas, Umum dan Protokol Daerah Istimewa Yogyakarta, acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dengan dipimpin oleh seorang petugas dari Biro Umum, Humas dan Protokol Yogyakarta, para hadirin berdiri dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3-1192 Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Rini Pujiharswiwi, A.Md., dari Biro Humas, Umum dan Protokol Daerah Istimewa Yogyakarta.
Selanjutnya memasuki acara inti yaitu pengucapan sumpah dan janji jabatan Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo, pada sesi ini seluruh Hadirin diminta untuk berdiri. Bertindak sebagai Pejabat yang melantik adalah Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X yang melantik Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, SH.,M.Ed., dan Penjabat Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T. Adapun prosesi pelantikan Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo dilaksanakan secara Islam, dimana Seorang Rohaniawan mendampingi Penjabat tersebut dengan mengankat Kitab Suci Al-Quran diatas Penjabat tersebut pada saat Penjabat mengucpakan sumpah/janji jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara pengucapatan janji/sumpah Penjabat. 
Setelah resmi dilantik selanjutnya Penjabat Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, SH.,M.Ed., dan Penjabat Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T., disematkan tanda pangkat jabatan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X. Acara dilanjutkan pembacaan pakta integritas oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan Kata-kata pelantikan oleh Pejabat yang melantik (Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta) dan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas.
Acara Pelantikan dan Serah Terima Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo Periode 2023-2024 dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3-1192 Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Penjabat lama Wali Kota Yogyakarta, Sumadi, S.H.,M.H., yang memberhentikan Sumadi, S.H.,M.H sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dengan hormat disertai ucapan terimakasih dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3-1193 Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta Penjabat lama Bupati Kulon Progo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si., yang memberhentikan Drs. Tri Saktiyana, M.Si., sebagai Penjabat Bupati Kulon Progo dengan hormat disertai ucapan terimakasih.  
Kemudian acara dilanjutkan dengan Sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X, dalam sambutnya Gubernur berpesan terkait ketugasan sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo “diharapakan manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya, akan selalu berbasis pada kepentingan masyarakatnya, hal ini seiring upaya mendukung visi Gubernur, mewujudken pancamulia masyarakat jogja melalui reformasi kalurahan, pemberdayaan kawasan selatan, serta pengembangan budaya inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi. Adapun atas visi Gubernur tersebut outcome yang diharapkan mencakup 1. Semakin kecilnya tingkat kemiskinan, 2. Kualitas SDM Yogykarta yang dapat diandalken, 3. Lingkungan hidup yang lebih baik, aman dan tentram, 4. Kehidupan ekonomi yang layak dan 5. Mengecilnya ketimpangan ekonomi antar kelas social dan antar wilayah, serta 6. Good Governance pada berbagai tingkatan”, setelah sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta selesai, selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Seorang Rohaniawan dan dilanjutkan dengan ramah-tamah.


Pada sesi acara ramah-tamah ini para Hadirin diperkenankan menikamti sejumlah kudapan yang telah disediakan panitia, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucpaan selamat kepada Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo didampingi pasangan masing-masing serta Penjabat lama, Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat lama Bupati Kulon Progo didampingi pasangan masing-masing. Para hadirin tampak urut memberikan ucapan selamat dengan diawali oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta beserta Istri dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta berserta Istri, dan dilanjutkan Pimpinan Forkompimda Daerah Istimewa Yogyakarta diikuti Pejabat lain di lingkungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya ucapan selamat dari Para Pimpinan Forkompimda Kota Yogyakarta diikuti Pejabat lain di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, terakhir adalah ucapan selamat dari Para Pimpinan Forkompimda Kabupaten Kulon Progo diikuti Pejabat lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Selanjutnya pada pukul 13.30 acara Acara Pelantikan dan Serah Terima Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo Periode 2023-2024 ditutup oleh pembawa acara. Setelah acara ditutup beberapa wartawan dan awak media mewawancarai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X pada sisi barat, utara Bangsal Kepatihan Yogyakarta sebelum meninggalkan tempat acara. [05/23, a.n. Tim Peliputan DPK Kota Yogyakarta]