Tingkatkan Literasi Masyarakat, DPK Kota Yogyakarta Selenggarakan Seminar di Empat Kelurahan

Dalam mendukung keberlanjutan program TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial), Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta akan melakukan pendampingan pelaksanaan  program TPBIS. Salah satunya melaksanakan kegiatan bersama sebagai bentuk kemitraan melalui kegiatan seminar literasi di empat kelurahan replikasi. Kelurahan tersebut adalah Kelurahan Gunungketur, Kelurahan Suryodiningratan, Kelurahan Gowongan dan Kelurahan Muja-Muju.
Selain menguatkan kegiatan perlibatan masyarakat melalui kemitraan, muara dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi masyarakat sesuai tema yang dipilih oleh masing-masing kelurahan. Adapun tema Seminar Literasi yaitu “Melek Literasi Digital, Kreatif di Era Digital” dilaksanakan di Kelurahan Muja Muju dan Gowongan, “Tumbuhkan Anak Tangguh di Era Millenial dengan Semangat Literasi di Kelurahan Gunungketur dan “Pembiasaan Membaca Sejak Dini Melalui Dongeng” di Kelurahan Suryodiningratan.
Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2023 di kelurahan Muja Muju dan Kelurahan Gunungketur serta tanggal 22 November 2023 di kelurahan Gowongan dan kelurahan Suryodiningratan. Kegiatan ini dihadiri masyarakat umum, pegiat literasi, karang taruna, PKK  dengan jumlah peserta 50 orang setiap lokasi. 
Narasumber pengisi seminar berasal dari berbagai profesi dari unsur legislatif yaitu Komisi D DPRD Kota Yogyakarta dan narsumber ahli sesuai tema yaitu  Affi A.Khresna merupakan Deputi Komunikasi Publik ICCN, Admila Rosada, M.Psi  sebagai Psikolog, Drs. Anwar dan Maya Veri Oktavia sebagai Pendidik.
Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan ilmu dan wawasan baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna meningkatkan kesejahteraanya.[Ank]