Sosialisasi Program TPBIS di Kota Yogyakarta

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Replikasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Kelurahan tahun 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program TPBIS pada Rabu, 15 November 2023 di Lantai 2 Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini, diikuti enam kelurahan yang diharapkan berkomitmen menerapkan program ini, yaitu kelurahan Purwokinanti, Patangpuluhan, Gowongan, Gunungketur, Muja-Muju dan Suryodiningratan. Selain dihadiri perwakilan enam kelurahan kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Kemantren, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Tata Pemerintahan, Pejabat Struktural dan Pustakawan DPK Kota Yogyakarta. Dari enam kelurahan tersebut, empat diantaranya merupakan mitra Program replikasi TPBIS dari Perpustakaan Nasional tahun 2023 yaitu kelurahan Gowongan, Gunungketur, Muja-Muju dan Suryodiningratan. Sedangkan dua kelurahan bergabung sebagai  mitra program replikasi TPBIS tahun 2024 yaitu kelurahan Patangpuluhan dan Purwokinanti.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber,  narasumber pertama yaitu Hari Setyawan, SIP merupakan Fasilitator Daerah Program TPBIS Provinsi DIY, narasumber kedua yaitu Siti Indarwati, SIP., Fasilitator Daerah Program TPBIS Kabupaten Gunungkidul dan Sri Anik Lestari, SIP PIC Program TPBIS DPK Kota Yogyakarta sebagai narasumber ketiga. Kegiatan berjalan dengan lancar dimulai dari pembukaan, pemaparan materi yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab.

Kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran tentang kebijakan pembinaan dan pengembangan budaya baca, penguatan literasi untuk percepatan pemulihan ekonomi, membangun literasi melalui program TPBIS.[Ptr]