Kegiatan SEGARIS Hadir di Bulan Gemar Membaca

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2023, salah satunya yaitu Kegiatan Seni Menggambar dan Melukis (SEGARIS) untuk anak-anak SD/MI se-Kota Yogyakarta. 
Kegiatan tersebut digelar secara gratis untuk meningkatkan kemampuan motorik anak sembari mendorong minat baca serta mengenalkan dunia perpustakaan dengan lebih dekat. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 2 kali yang berlangsung dari 13 September 2023 untuk kelas 1-3 dengan tema “Aku Cinta Buku” dan 19 September 2023 untuk kelas 4-6 dengan tema “Perpustakaan Seru”. 


Pada sambutannya, Nunun Zulaikha menekankan bahwa anak-anak harus berani menciptakan warna. Menurut beliau, hal ini akan melatih anak secara tidak sadar dengan dunia warna itu sendiri.
Sebanyak total 50 peserta antusias mengikuti kegiatan di ruang anak Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakarta (PEVITA). Materi yang dipilih oleh Ria Dyan Rahayu sebagai instruktur kali ini yaitu teknik dussel menggunakan crayon. Teknik ini dianggapnya tepat untuk mendukung pemahaman proses menggambar dan mewarnai bagi anak-anak SD/MI. Teknik dussel sendiri sering diartikan sebagai teknik menggosok yang dibantu dengan media tangan, kapas, dan tisu.
Sementara itu, Bunda Maylafaizza di sela menemani sang buah hati mengatakan bahwa kegiatan Segaris ternyata tidak melulu hanya mewarnai tetapi juga menggenalkan anak paham teknik dalam menggambar dan mewarnai. 
Pada akhir sesi pertemuan, terdapat pemberian merchandise bagi 3 peserta dengan hasil karya terbaik sebagai bentuk apresiasi. [Ria]