Tingkatkan Eksploitasi Pikiran Remaja, DPK Selenggarakan Pelatihan Teknik Journaling

Dalam rangkaian Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Teknik Journaling bagi siswa SMP/MTs di Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan digelar di Lantai 2 Perpustakaan Kota Yogyakarta (Jl. Suroto No. 9 Koatabaru) pada Kamis, (14/9/2023) siang.

Diikuti oleh 30 peserta, kegiatan berlangsung meriah. Peserta diajak untuk dapat mengeksploitasi pikiran, perasaan serta emosi tentang peristiwa di dalam hidup yang dikenal dengan istilah journaling. Oleh Liya Swandari, instruktur kegiatan dari Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), peserta diajak untuk menulis apapun. Bisa menulis tentang perasaan yang sedang dialami, harapan, cita-cita, dan lain sebagainya. Peserta diberikan kebebasan dalam mengeksploitasi ide dan pikiran masing-masing melalui karya journaling.   

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca, Nunun Zulaikha. Dalam sambutannya, Nunun menyampaikan bahwa anak-anak remaja bisa menuangkan semua pikiran, perasaan , peristiwa hidup yang dialami dalam bentuk buku harian, bisa berupa tulisan, gambar, dan lain-lain. Ia mengungkapkan bahwa pada fase remaja, fase dimana seseorang sudah tidak lagi dikatakan anak-anak namun juga belum dikatakan sebagai dewasa merupakan masa pencarian jati diri dan rentan terhadap masalah. Dan menurutnya, apabila masalah tidak ditangani dengan baik maka akan berdampak pada kesehatan mental yang tidak baik pula.

“Pelatihan Journaling menjadi tema yang dipilih karena hal tersebut penting untuk kaum remaja, karena pada masa itu merupakan masa transisi dari anak menuju dewasa yang perlu mendapat perhatian penuh dari orang tua dan lingkungan sekitar. Untuk itu sebagai wahana pengetahuan, perpustakaan mengambil bagian untuk memberikan ruang bagi mereka untuk melakukan hal positif melalui berkarya dalam bentuk menulis. Apapun yang Ananda rasakan, alami, maka tulislah”, ucap Nunun.

Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta, maka bagi 10 hasil karya journaling terbaik diberikan merchandise menarik dari DPK. Dan bagi keseluruhan karya dari kegiatan pelatihan ini akan didokumentasikan menjadi koleksi Perpustakaan Kota Jogja. [fer]