Lapak Hasil Literasi Meriahkan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan

Puncak Semarak Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September merupakan hari besar bagi semua perpustakaan tak terkecuali Perpustakaan Kota Yogyakarta. Ragam kegiatan yang digelar di antaranya pameran lapak literasi. Sejumlah 19 Kampung Baca di Kota Yogyakarta mengikuti pameran dengan berbagai ragam produk, seperti  tanaman hias, olahan makanan dan minuman, batik tulis, sibori, jumputan, ecoprint, dan karya kriya.

“Saya mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melakukan kreativitas  kegiatan seperti pameran hasil literasi. Semangat untuk Bapak/Ibu pengelola kampung baca dan anggota dalam berkarya dan mengembangkan wawasan melalui perpustakaan.” kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, di sela kegiatanya berkeliling lapak hasil literasi.

Selain ikut menyemarakkan perayaan hari kunjung perpustakaan, pameran lapak literasi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan produk dan kekhasan pada masing-masing kampung sesuai potensi wilayah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta berharap kegiatan pameran lapak hasil literasi memberikan prespektif baru bahwa perpustakaan juga berperan dalam peningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan literasi yang bersifat terapan untuk masyarakat. Kegiatan pameran ini juga dapat dijadikan ajang saling belajar antar kampung baca terhadap hal-hal yang dapat dilakukan dan dikembangkan di kampung baca masing-masing. Dengan demikian, ada dampak yang dirasakan secara langsung bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup. [Ank]