Menggugah Kreativitas Anak dalam Seni Lukis Melalui Kegiatan SASKIA

Dalam rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan, Saskia kembali digelar dengan tema “Painting For Kids” pada Sabtu, 9 September 2023. Tema ini dipilih untuk menggugah kreativitas, bakat dan minat anak terhadap seni lukis. 
Kegiatan Saskia kali ini di bagi menjadi 2 sub kegiatan yakni  Kegiatan melukis di media gelas yang dilaksanakan di Perpustakaan Kotabaru dan Kegiatan melukis di media kayu dilaksanakan di Perpustakaan Pevita. Kegiatan ini dihadiri oleh 56 peserta dari Siswa SD dan SMP. 
Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca, Nunun Zulaikha, SIP., MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kreativitas dapat dilakukan di media apapun. 
“Seni lukis tidak hanya menggunakan media kertas dan kanvas, tapi juga menggunakan media lain termasuk penggunaan gelas dan kayu”.


Instruktur kegiatan Saskia adalah Januar Pancadharma dan Sulaksono dari komunitas Omah Kreatif  Loedji 16. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh instruktur terkait pengertian seni lukis, sejarah, jenis-jenis media lukis. teknik melukis hingga tips cara merawat lukisan. Dilanjutkan kegiatan melukis oleh seluruh peserta. Dalam kegiatan melukis, tidak ditentukan tema khusus sehingga peserta bebas berekspresi membuat lukisan sesuai dengan kreativitas masing-masing. 
Novita selaku wali dari peserta menyampaikan selain ajang menumbuhkan kreativitas, kegiatan Saskia dapat menjadi alternatif kegiatan supaya anak-anak tidak terlalu fokus bermain ponsel. 
“Makin sering adakan kegiatan Saskia, bisa bikin anak-anak happy tanpa gadget” terang novita [Ptri]