Risalah Kegiatan Upacara Penurunan Bendera Dalam Rangka Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di Kota Yogyakarta

Upacara Penurunan Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia telah dilangsungkan pada hari Kamis sore, 17 Agustus 2023 di Halaman Balaikota Yogyakarta. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0734 Kota Yogyakarta, Kolonel Arh. Burhan Fajari, S.Sos., dan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Rayon Militer (Koramil) 0734/14 Gedongtengen Kota Yogyakarta, Kapten Inf. Joko Sutikno serta masing-masing Komandan Kompi adalah para Prajurit TNI AD. Turut hadir dalam Upacara Penurunan Bendera adalah jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Yogyakarta bersama Istri, Jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Yogyakarta, orang tua siswa anggota paskibraka dan tamu undangan.

Upacara Penurunan Bendera  dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, diawali dengan para peserta upacara memasuki lapangan upacara diiringi lagu “Maju Tak Gentar” ciptaan Cornel Simanjuntak. Selanjutnya setelah melaksanakan pengaturan barisan, Komandan Upacara memasuki lapangan upacara dan mengambil alih komando pasukan, tak lama setelah itu Penjabat (Pj.) Wali Kota Yogyakarta bersama para pejabat Forkopimda Kota Yogyakarta memasuki lokasi upacara. Upacara kembali dilanjutkan dengan menyaksikan persembahan lagu dari Paduan Suara siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang menyanyikan lagu “Berkibarlah Benderaku” ciptaan Gombloh, lagu “Maju Tak Gentar” ciptaan Cornel Simanjuntak, lagu “Doa Anak Negeri” ciptaan Donny Handono, tampak dalam upacara tersebut para peserta dan tamu undangan nampak menyaksikan dengan antusias dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Paduan Suara Siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 

Setelah selesai menyaksikan penampilan Paduan Suara siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, upacara kembali dilanjutkan dengan Inspektur Upacara memasuki mimbar upacara dan dilanjutkan dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara penurunan Bendera  “siap” dilaksanakan. Dengan diawali prosesi pasang sangkur oleh peserta upacara dari TNI-Polri, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Yogyakarta Tahun 2023 yang mulai memasuki lapangan upacara. Bertindak sebagai Komandan Paskibraka adalah Letda Laut Harianto, selanjutnya bertindak sebagai Komandan Kelompok Pasukan 17, 8 dan 45 adalah Nayaka Yogi Saputra, Ilham Mahendra Latif dan masing-masing Komandan Kelompok Pasukan 45 adalah anggota dengan pangkat paling tinggi dari masing-masing matra TNI dan Polri. Setelah melaksanakan laporan kepada Inspektur Upacara dan membuka formasi, Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2023 “siap” melaksanakan penurunan bendera , dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya perlahan  turun dari puncak tiang bendera.

Selanjutnya setelah Bendera  berhasil diturunkan dan dilipat, bendera selanjutnya diserahkan kepada pembawa baki, bertindak sebagai pembawa baki adalah Veronica Nieva Natania. Upacara kembali dilanjutkan dengan prosesi penyerahan bendera  kepada Inspektur Upacara. Tampak dalam prosesi ini pembawa baki, Veronica Nieva Natania secara perlahan menaiki anak tangga dan menyerahkan bendera  kepada Inspektur Upacara, selanjutnya dengan komando dari Komandan Paskibraka, Letda Laut Harianto, Paskibraka Kota Yogyakarta meninggalkan Lapangan Upacara.

Sebagai penutup dalam Upacara Penurunan Bendera  adalah mendengarkan lagu Andhika Bayangkari yang memiliki arti penjaga/pengawal sejati dan dilanjutkan dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara yang melaporkan bahwa Upacara Penurunan Bendera telah dilaksanakan. Selanjutnya Inspektur Upacara diperkenankan untuk meninggalkan mimbar upacara dilanjutkan dengan Komandan Upacara dan para peserta upacara yang meninggalkan lapangan upacara dengan diiringi lagu “Maju Tak Gentar”. 

Demikian risalah kegiatan Upacara Penurunan Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kota Yogyakarta semoga dapat memberi gambaran pelaksanaan kegiatan dan dapat memberi manfaat bagi semua pihak. [Tim Peliputan Arsip]