Risalah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Repblik Indonesia Ke 78 Tahun 2023 di Kota Yogyakarta

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada hari Rabu, 17 Agustus 2023 bertempat di Halaman Balai Kota Yogyakarta. Rangkaian Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dimulai pada pukul 07.30 WIB. Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun ini mengangkat tema bertajuk “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Upacara dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Yogyakarta yaitu Bapak Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pasukan upacara terdiri dari lima kompi yang dihadiri dari jajaran TNI, POLRI, dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Kompi I dikomandani oleh Iptu Juni Susanti, S.H. (Ps. Panit Pamwaster Sat Pamobvit Polresta Yogyakarta) dengan anggota pasukan kompi meliputi TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan POLRI, Kompi II dikomandani oleh Iptu Winarto (Kanit Lantas Polsek Mergangsan) dengan anggota pasukan kompi meliputi Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kompi III dikomandani oleh Iptu Agustinus Supriyadi (Kanit Samapta Polsek Jetis) dengan anggota pasukan kompi meliputi Dinas Kesehatan, Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kompi IV dikomandani oleh Iptu Yumardono (Ps. Kanit Lantas Polsek Jetis) dengan anggota pasukan kompi meliputi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, dan Kompi V dikomandani oleh Iptu Sugeng (Ps. Kanit Binmas Polsek Kotagede) dengan anggota pasukan kompi meliputi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Inspektorat, dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih diawali dengan pembukaan oleh Bripka Suci Rahmayati, S.H. (BA Sat Lantas Polresta Yogyakarta) selaku MC, dilanjutkan peserta upacara memasuki lapangan upacara, Komandan Pleton menyiapkan pasukan masing-masing. Setelah itu AKP Anas Maruf Zamroni, S.H., M.A.P. (Kanit Gakkum Sat Lantas Polresta Yogyakarta) selaku Komandan Upacara memasuki lapangan upacara dilanjutkan mengambil alih pasukan upacara. Acara dilanjutkan aubade siswa-siswi SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan membawakan lagu Hari Merdeka, Bangun Pemuda Pemudi, dan Indonesia Pusaka. 

Acara selanjutnya adalah penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara, laporan Komandan Upacara, kemudian pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2023. Sebanyak 38 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023 dari pelajar SMA/SMK/MA se-Kota Yogyakarta sukses mengibarkan Sang Merah Putih, dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung tertib dan khidmat. Dalam upacara pengibaran bendera yang bertugas menjadi Komandan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka adalah Letda Inf. Ari Widiarto. Untuk petugas pembawa baki yaitu Najla Ardelia Sofana Hapsari Gusty siswi SMK N 3 Yogyakarta. Untuk petugas pengibar bendera yaitu Rangga Ananta Putra Nugraha siswa SMA N 8 Yogyakarta, Diandra Nadhif Isa Qomari siswa MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, dan Difan Erfian Ramdhan siswa SMA N 11 Yogyakarta. 

 

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, kemudian pembacaan teks Proklamasi oleh Danang Rudiyatmoko selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Yogyakarta, selanjutnya pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Drs. Yunianto Dwisutono selaku Plt. Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta.

Acara selanjutnya ialah amanat upacara oleh Inspektur Upacara, dalam amanat upacara, Inspektur Upacara membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam sambutan itu mengingatkan momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, dapat dimaknai sebagai semangat menempuh perubahan ke arah lebih baik, pada tiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berbagai perubahan yang terjadi adalah keniscayaan, jadi setiap perubahan harus disikapi positif, diiringi upaya pembelajaran atas kehidupan, agar perubahan tersebut memiliki dampak positif dan menyejahterakan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh H. Nadhif, S.Ag., M.S.I. selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Pembacaan doa dibacakan dengan khidmat, dengan memohon kepada Tuhan untuk dapat bersama-sama mampu membangun negeri. Selanjutnya Andhika Bhayangkari, dilanjutkan dengan laporan Komandan Upacara, lalu penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara. Inspektur meninggalkan tempat upacara, dan acara terakhir adalah Komandan membubarkan pasukan upacara. 

Acara tambahan dilanjutkan penampilan Juara 5 Besar Mahardika Nada Nusantara yaitu Andira Stefany Tecia (siswi SMP Budya Wacana), Athanasia Maria Meinada Surya Suci (siswi SMP N 5 Kota Yogyakarta), Azarine Farras Maulana (siswi SMP N 6 Kota Yogyakarta), Aisha Dama Candrika (siswi SMP Muhammadiyah 2 Kota Yogyakarta) dan Baron Ariadewa (siswa SMP N 15 Kota Yogyakarta). Acara dilanjutkan dengan penampilan dari Polisi Cilik Polresta Yogyakarta, kemudian foto bersama dengan Pj. Wali Kota Yogyakarta.

Demikian Risalah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Repblik Indonesia Ke 78 Tahun 2023 di Kota Yogyakarta semoga dapat memberi gambaran pelaksanaan kegiatan dan dapat memberi manfaat bagi semua pihak. [Tim Peliputan Arsip]