Manuver Informasi Arsip Statis PDAM Tirtamarta

Pada tahun 2023  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melakukan pengolahan arsip statis milik PDAM Tirtamarta, yang merupakan salah satu Perusahaan Daerah pertama dan tertua di Kota Yogyakarta. Pengolahan arsip tersebut dilakukan oleh tim yang berjumlah 12 personel,  yang terdiri dari arsiparis dan tenaga teknis  bidang  kearsipan  di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.  Arsip yang diolah adalah arsip-arsip yang  tercipta pada tahun 1960 sampai dengan tahun 2012.

Pengolahan arsip statis dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu Identifikasi, Penyusunan Rencana Teknis, Penelusuran Sumber Arsip, Penyusunan Sementara Pengaturan Arsip, Deskripsi Arsip Statis, Manuver/ Penyatuan Informasi Arsip Statis, Penyusunan Skema Definitif Pengaturan Arsip, Penomoran Definitif, Manuver Fisik dan Penomoran Arsip, Pemberian Label Arsip dan Penataan dalam Boks Arsip, Penulisan Draft Daftar Arsip Statis, Penilaian dan uji Petik, Perbaikan atas hasil Penilaian dan Uji Petik  serta Pengesahan Daftar Arsip Statis.

Arsip - arsip yang telah dibenahi deskripsinya oleh anggota tim, kemudian  dikumpulkan pada koordinator kegiatan arsip statis. Koordinator kegiatan arsip statis melakukan manuver informasi arsip secara elektronik. Manuver arsip secara elektronik ini bertujuan untuk memudahkan pengelompokkan arsip yang memiliki kesamaan masalah dan tahun penciptaan arsip.  Sebagai contoh arsip yang sudah dimanuver kemudian disimpan dalam folder-folder. Folder I berisi  arsip  tahun  1960  s.d. 1970, folder II berisi arsip tahun 1971 s.d.  2000 dan folder III berisi arsip tahun 2001 s.d. 2012.[sum]