Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan SD/MI dan SMP/MTs di Wilayah Kota Yogyakarta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Kota Yogyakarta. Bimbingan teknis tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sekolah, terutama bagi pengelola perpustakaan yang belum memiliki latar belakang pendidikan atau pelatihan di bidang perpustakaan.
Bimbingan teknis diselenggarakan pada tanggal 7 - 9 Agustus 2023, bertempat di Hotel New Saphir Yogyakarta dan dilanjutkan studi lapangan ke perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Kegiatan dibuka oleh Bapak Dedi Budiono, M.Pd., Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, sekaligus Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta. 


Bimbingan teknis diikuti oleh 30 pengelola perpustakaan SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Kota Yogyakarta, dengan narasumber para pustakawan yang tergabung dalam Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun materi yang disampaikan meliputi pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka, pelestarian bahan pustaka, manajemen perpustakaan, layanan perpustakaan, promosi dan inovasi, serta kerjasama perpustakaan.
Pada hari ke-3, peserta bimbingan teknis mengikuti studi orientasi lapangan ke perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Dalam orientasi tersebut, peserta diterima langsung oleh Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Bapak Agung Rahmanta SH.,MPd. Selanjutnya, peserta diajak berkeliling untuk melihat secara langsung kondisi perpustakaan dan pojok baca yang berada di kelas-kelas.
Kegiatan bimbingan teknis tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola perpustakaan sekolah sesuai dengan standar nasional perpustakaan di Indonesia. [Ida]