Kembangkan Budaya Gemar Membaca, Perpustakaan Kota Yogyakarta Gelar Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/MI

Lomba bertutur merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta bagi siswa kelas 4 dan 5 SD/MI di Kota Yogyakarta. Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan budaya gemar membaca dan memupuk kecintaan terhadap budaya lokal. Melalui Lomba Bertutur ini peserta dituntut untuk mengenal bahan bacaan, membaca, memahami, lalu menceritakan kembali kepada orang lain.

Sedangkan pelaksanaan Lomba Bertutur pada tahun ini dilaksanakan secara luring atau tatap muka di Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jl. Suroto No 9 Kotabaru. Babak Penyisihan dilaksanakan pada Senin, 24 Juli 2023 dan Babak Final pada Selasa, 15 Agustus 2023 yang akan datang.

 Lomba Bertutur kali ini diikuti oleh total 64 peserta (41 putri dan 23 putra). Dalam lomba penyisihan kali ini akan dipilih masing-masing 10 peserta terbaik dari kategori putra dan putri. Selanjutnya pada final lomba hanya akan dipilih 5 terbaik kategori putra dan putri.

Sementara itu, Dedi Budiono, M.Pd., Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Bertutur ini. Karena menurutnya kegiatan semacam ini menjadi salah satu upaya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. “Anak-anak merupakan generasi bangsa, merekalah harapan kita. Tugas kita adalah menyiapkan generasi ini agar lebih banyak tahu, kaya akan literasi, dan generasi yang berkarakter”, terang Dedi.

Di akhir sambutannya, Dedi berharap agar kegiatan ini bisa terus dilanjutkan sehingga kuantitas dan kualitasnya lebih baik sebagai bagian dari upaya menyiapkan generasi bangsa yang berkarakter dan berbudaya. “Ketika kita memiliki generasi yang akan menjadi pemimpin-pemimpin yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan literasi yang hebat, sekaligus memiliki akar budaya yang kuat, maka kita akan menjadi bangsa yang luar biasa. Mari terus  tumbuhkan rasa cinta anak-anak pada budayanya, literasi, dan buku, sehingga kita akan memiliki generasi yang hebat” pungkas Ded [Rta]