JELITA & MELISA Tingkatkan Percaya Diri Menulis Siswa

Kemampuan menulis masing-masing anak tidak dapat dipukul rata. Terdapat masalah klasik menulis yang dihadapi anak-anak, yaitu kurangnya rasa percaya diri ketika hendak memulai aktivitas menulis. Mereka beranggapan menulis adalah kegiatan yang sulit dan membosankan. Beberapa faktor penyebab rendahnya kemampuan menulis anak adalah kurangnya motivasi, metode pengajaran yang diberikan belum sesuai, kesempatan akses pengetahuan yang jauh dari kemampuan. Sementara itu rata-rata seorang anak yang memiliki kemampuan lebih pada bidang penulisan dikarenakan kebiasan dan kemauan berlatih, serta mendapat pengajaran yang tepat.

JELITA (Jejak Literasi Siswa Kota Yogyakarta) dan MELISA (Merajut Literasi Siswa Kota Yogyakata), merupakan wadah pelatihan menulis yang diadakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan di perpustakaan Kotabaru dan Pevita selama lima kali pertemuan, dimulai sejak bulan Juli dan akan berakhir bulan Agustus 2023. Peserta pelatihan adalah siswa SD/ MI dan SMP/MTs se-kota Yogyakarta dan  dipandu oleh instruktur yang kompeten di bidang penulisan. 

Selain untuk meningkat kepercayaan diri dalam menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, kegiatan ini diharapkan akan mengasah kemampuan anak berpikir kritis dan daya imajinasi.Adapun output dari kegiatan JELITA dan MELISA adalah penerbitan karya literasi berupa buku antologi, yang akan di launching pada puncak acara rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan pertengahan September 2023.

Melalui kegiatan pelatihan menulis di Perpustakaan Kota Yogyakarta, tentu semakin menguatkan peran dan fungsi perpustakaan sebagai pusat pengembangan literasi dalam hal budaya dan kegemaran membaca khususnya kalangan siswa.[An]