Sajikan Wahana Rekreatif dan Edukatif, DPK Selenggarakan SASKIA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (SASKIA) pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di dua tempat sekaligus, yakni Perpustakaan Kota Yogyakarta Jl. Suroto No. 9 Kotabaru dan Perpustakaan Pevita Jl. Mayjend Sutoyo No. 32 Mantrijeron Yogyakarta.
Kegiatan SASKIA merupakan wahana positif untuk mengisi waktu libur sekolah khususnya di hari Sabtu dengan kegiatan yang rekreatif dan edukatif di perpustakaan berbasis buku sebagai sumber referensinya. Mengambil tema Kreasi Nasi Tumpeng dan Kreasi Bento, dimana kegiatan ini ditujukan untuk pelajar di Kota Yogyakarta.  Kegiatan Kreasi Nasi Tumpeng ditujukan untuk anak kelas 1, 2 dan 3 SMP/MTs dan kegiatan Kreasi Bento ditujukan untuk anak kelas 4,5 dan 6 SD/MI. 
Bermitra dengan Komunitas Omah Kreatif Loedji 16, kegiatan Saskia dipandu oleh instruktur yakni Laksmi Arindila untuk “Kreasi Bento” dan Jallu Wicaksono sebagai instruktur “Kreasi nasi Tumpeng”. Diikuti oleh 50 peserta, kegiatan SASKIA diawali dengan kegiatan ice breaking, dilanjutkan pemaparan materi oleh instruktur kemudian dilanjutkan praktek langsung oleh seluruh peserta.


Kegiatan SASKIA sangat diminati anak-anak di Kota Yogyakarta. Salah satu peserta kegiatan Saskia sudah mengikuti kegiatan beberapa kali dan didukung oleh orang tua karena memberikan dampak positif bagi anak. Hal tersebut seperti disampaikan oleh Novia, orang tua dari Naura Syaquila Siswa SD Negeri Rejowinangun 1.
“Menurut saya, Kegiatan Saskia itu sangat menarik, terus terang anak saya itu dirumah menjadi lebih kreatif setelah mengikuti kegiatan Saskia yang dulu pernah ia ikuti. Saya berharap frekuensi kegiatan SASKIA bisa ditambah”.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca Nunun Zulaikha, S.I.P., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema SASKIA bulan ini dimaksudkan untuk memotivasi anak-anak dan orang tua agar dapat membiasakan untuk makan sehat dengan tampilan menarik dan dapat menjadi alternative bekal makan di sekolah.[Ptr]