Saskia Turut Menyemarakkan Peringatan Hari Buku Nasional

SASKIA (Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta) merupakan salah satu program unggulan Perpustakaan Kota Yogyakarta yang ditujukan bagi siswa Kota Yogyakarta untuk mengisi waktu libur sekolah (di hari Sabtu). Dirangkaian dengan kegiatan ketrampilan yang edukatif dan rekreatif, kegiatan Saskia menjadi semakin seru. 
Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2023, kegiatan SASKIA ini pun digelar dengan  mengambil tema “Kriya untuk Anak: Membuat Kreasi Lukis Kain Perca dan Kreasi Manik-Manik”. Pemilihan tema kegiatan bersumber dari referensi buku yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta.  
Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 di Perpustakaan Kotabaru dan Pevita. Adapun instruktur kegiatan Saskia kali ini adalah kak Santi Marlina dan kak Laksmi Arindita dari Komunitas Omah Kreatif Loedji 16. 
Kegiatan Saskia diikuti oleh 50 orang peserta, yang merupakan siswa SD/MI dan SMP/MTs di Kota Yogyakarta. 
Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dari instruktur dan dilanjutkan praktek pembuatan kerajinan tangan berupa lukisan dari kain perca serta membuat gelang, gantungan kunci, dan pembatas buku dari manik-manik.
Ibu Sumilati sebagai orang tua peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan Saskia: “Kegiatan Saskia sangat mengedukasi, melatih kreativitas dan juga memotivasi anak-anak untuk berkarya. Semoga kegiatan Saskia ini dapat terus diselenggarakan”.
Sementara itu, instruktur kegiatan Saskia, Santi Marlina, memberikan dukungan terhadap program Saskia untuk terus kreatif dan menjadikan anak-anak di Kota Yogyakarta senang membaca dan berkarya. 
“Kegiatan Saskia memberikan pengetahuan dan ketrampilan baru bagi anak-anak di Kota Yogyakarta. Kreasi manik-manik dan kreasi lukis kain perca merupakan ragam kegiatan yang dipilih karena banyak disukai anak-anak dan bisa menjadi produk usaha”.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya peserta, beberapa karya dipajang sebagai koleksi di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Melalui pemilihan tema-tema yang menarik dan disukai anak-anak, kegiatan Saskia diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan hobi, kreativitas, dan wawasan anak-anak di Kota Yogyakarta. [Ptr]