TASSI, Keniscayaan Era Baru Referensi

Perkembangan teknologi TIK mendorong perubahan pada karakter layanan referensi di perpustakaan. Layanan referensi saat ini tidak hanya terbatas pada layanan yang menyediakan koleksi referens seperti kaleidoskop, direktori, kamus, sumber geografi, sumber bibliografi dan lain sebagainya. Di era internet, koleksi referensi seperti itu dapat diakses dengan mudah tanpa upaya yang sulit melalui internet.
Karena itu referensi kemudian berkembang menjadi layanan perpustakaan yang menyediakan meja layanan, baik secara fisik maupun virtual di mana pemustaka dapat bertanya kepada pustakawan terkait bantuan pemenuhan kebutuhan informasinya..
Beberapa contoh layanan referensi perpustakaan meliputi layanan meja informasi, konsultasi dengan pustakawan, panduan pencarian online, dan layanan email atau telepon. Semua layanan ini bertujuan untuk membantu pengguna memanfaatkan koleksi perpustakaan dan sumber daya informasi lainnya dengan lebih efektif.
Berdasarkan dari penjelasan tersebut, Perpustakaan Kota Yogyakarta dengan senang hati memberikan pelayanan referensi guna membantu pengunjung dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. TASSI (Layanan Konsultasi Referensi) hadir guna menjadi jawaban atas kemajuan zaman.
TASSI untuk saat ini dikemas dalam bentuk layanan konsultasi personal antara pustakawan dan pemustaka. Layanan tersebut berfokus pada penyediaan jasa konsultasi secara personal kepada pemustaka Perpustakaan Kota Yogyakarta yang membutuhkan bahan-bahan Pustaka rujukan/referensi seperti jurnal dan buku rujukan yang dimiliki oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta. Layanan Konsultasi Referensi ini juga menyediakan pendampingan dalam penelusuran bahan referensi digital yang saat ini jauh lebih diminati. Pustakawan-pustakawan Perpustakaan Kota Yogyakarta siap untuk membantu penulusuran referensi yang dibutuhkan oleh pengunjung secara personal baik secara langsung maupun secara online melalui nomor 0811 2975 727.[Ptr]