Saskia, Kenalkan Bertanam Pada Anak-Anak Melalui Media Kekinian

Selain menyediakan sumber-sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan, perpustakaan juga wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk peningkatan literasi masyarakat. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (SASKIA) sebagai upaya optimalisasi pengembangan literasi khususnya anak-anak di Kota Yogyakarta. 
Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (SASKIA) merupakan program kegiatan perpustakaan untuk meningkatkan literasi anak, khususnya pelajar SD/MI dan SMP/MTs. Sesuai dengan namanya, Saskia diselenggarakan untuk mengajak anak-anak di Wilayah Kota Yogyakarta untuk memanfaatkan waktu libur sekolah (hari Sabtu) di Perpustakaan. Saskia merupakan kegiatan aktivitas keterampilan menghasilkan karya yang bersumber dari bahan bacaan, dengan mengusung beberapa tema kegiatan seperti memasak, bertanam, membuat kerajinan, membatik, melukis, dan lainnya.


Kali ini kegiatan Saskia dengan mengambil tema, “Kenalkan Bertanam pada anak-anak Melalui Media Tanam Kekinian” yakni membuat kreasi terrarium dan kreasi tanaman hidrogel. Kegiatan Saskia diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 Pukul 09.00 – 11.00 WIB, di dua lokasi yaitu di Perpustakaan Kota Yogyakarta Jl. Suroto No. 9 Kotabaru dan Perpustakaan Pevita Jl. Mayjend Sutoyo No. 32 Mantrijeron. Diikuti 40 orang peserta dari SD/MI dan SMP/MTs di Kota Yogyakarta.  Instruktur kegiatan Saskia adalah Putri Ayu Supardi, A.Md. dan Hawa Fitri Ani, A.Md. Keduanya merupakan pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. 
Menurut Ibu Nina, salah satu orang tua dari peserta menyampaikan pesan dan harapannya untuk kegiatan Saskia. “Menurut saya kegiatan Saskia bagus dan memberikan manfaat positif bagi anak-anak, memberikan pengetahuan baru, kawan baru, dan pengalaman baru. Harapan saya kegiatan Saskia diadakan lagi dengan peserta yang lebih banyak”. Melalui kegiatan Saskia, diharapkan Perpustakaan Kota Yogyakarta dapat menjadi ruang berekspresi untuk mengembangkan hobi, kreativitas, dan wawasan anak-anak di wilayah Kota Yogyakarta. [Pti]