Perpustakaan Kota Yogyakarta Raih Peringkat Madya Standardisasi PISA 2022

Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta dalam pengelolaan PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak) dengan menyediakan berbagai fitur layanan dan koleksi buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan anak agar dapat turut mendukung mereka dalam mengakses informasi yang ramah anak.

Perpustakaan Kota Yogyakarta telah mengikuti proses Standardisasi PISA Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) pada bulan Juni sampai dengan Oktober 2022. Tujuan dari diadakannya kegiatan Standarisasi PISA tersebut yaitu untuk menjamin layanan dan wadah informasi yang tersedia di perpustakaan ramah bagi anak dan terintegrasi (penyediaan informasi, tempat bermain, tempat peningkatan kreatifitas, dan tempat berkonsultasi) sesuai dengan kebutuhan anak. Aspek-aspek yang harus dipenuhi dari standar PISA, antara lain; (1) kebijakan, (2) program, (3) pengelolaan, (4) sumber daya manusia, (5) sarana, prasarana, dan lingkungan, serta (6) monitoring dan evaluasi. Dalam kegiatan tersebut, Perpustakaan Kota Yogyakarta meraih peringkat Madya, adapun susunan peringkat PISA dimulai dari peringkat PISA Pratama, PISA Madya, PISA Nindya, PISA Utama, dan PISA Ramah Anak.

Melalui kegiatan Standardisasi PISA ini diharapkan PISA dapat menjadi wadah yang menyediakan ragam informasi yang dibutuhkan anak, sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan terkait dengan perkembangan jiwa dan sosial anak mengikuti perkembangan usia dan kematangannya. Selain itu untuk mendukung pemenuhan indikator-indikator KLA (Kabupaten/Kota Layak Anak) terkait. [Arl]