Workshop “Penguatan Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka”

Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana penunjang pembelajaran di sekolah memiliki peranan penting dalam meningkatkan kompetensi literasi siswa. Perpustakaan sekolah dapat menjadi mitra siswa dalam belajar, sebagai pusat sumber pengetahuan dan informasi, menjadi ruang belajar, tempat rekreasi, dan objek penelitian.

Berdasarkan data yang diperoleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta selama melaksanakan program pendampingan perpustakaan SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Kota Yogyakarta, kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini cukup beragam, mulai dari yang terkelola dengan sangat baik, baik, hingga kurang baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti dukungan anggaran, sarana prasarana, tenaga pengelola, dan sebagainya.

Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan bahwa “Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan”. Penyelenggaraan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan dapat diwujudkan melalui program Akreditasi Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Melalui akreditasi ini, perpustakaan dapat memastikan bahwa komponen-komponen penyelenggaraan telah terpenuhi sesuai standar yang ditetapkan dan dapat mengoptimalkan perannya dalam mendukung keiatan belajar-mengajar di sekolah.

Hingga tahun 2022, terdata bahwa dari 167 perpustakaan SD/MI dan 65 perpustakaan SMP/MTs di Kota Yogyakarta, baru sejumlah 63 perpustakaan yang telah terakreditasi melalui program regular maupun relaksasi. Untuk itu, ke depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta untuk dapat mendorong semua perpustakaan sekolah di Kota Yogyakarta untuk diselenggarakan sesuai standar. Dengan demikian diharapankan akan meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah dan penguatan perannya dalam mendukung proses belajar-mengajar di sekolah sesuai kurikulum yang berlaku.

Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan Workshop “Penguatan Peran Perpustakaan dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Desember 2022, bertempat di Aula SMP Negeri 5 Yogyakarta. Menghadirkan narasumber Asisten Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta, Drs. Kris Sarjono Sutejo, M.M., dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si., kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SD/MI dan SMP/MTs se- Kota Yogyakarta.

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan ada kolaborasi yang baik antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, serta kepala-kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan perpustakaan yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di Kota Yogyakarta.(ist)