Kunjungan Kerja DPK Kota Yogyakarta ke Banyuwangi

Kerjasama Daerah antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi telah terjalin sejak Desember 2021. Dari Kerjasama tersebut telah dilakukan koordinasi dan pertukaran informasi yang bertujuan untuk peningkatan layanan di bidang perpustakaan dan kearsipan. Salah satu halnya yang dilakukan adalah dengan saling melakukan kunjungan agar dapat melihat situasi dan kondisi masing-masing daerah dalam penyelenggaraan bidang perpustakaan dan kearsipan.
Seperti halnya yang dilakukan saat ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta mengunjungi secara langsung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 24 November 2022. Hadir pejabat struktural dan fungsional pustakawan dan arsiparis dari masing-masing pihak dalam pertemuan tersebut. Pertemuan dilakukan di gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyuwangi yang berada di jalan Jaksa Agung Suprapto No.43, Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi Drs. Zen Kostolani, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan gerakan yang dilakukan oleh Kabupaten Banyuwangi yakni “Banyuwangi Rebond”. Banyuwangi Rebond merupakan gerakan menyeluruh segala unsur/sektor untuk mencapai  target yang jelas dan cepat dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat sehingga semua unsur harus menjadi rebond center. Salah satunya adalah gerakan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi melalui inovasi layanan dan kegiatan yang dimiliki. 
Dari inovasi-inovasi yang disampaikan terdapat informasi yang digali lebih dalam yaitu keberhasilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kabupaten Banyuwangi dalam melakukan transliterasi dan alih media naskah kuno, memfasilitasi hasil penulisan masyarakat Banyuwangi untuk di terbitkan dan disebarluaskan dalam bentuk digital. Selain itu keberhasilan Kabupaten Banyuwangi melakukan restorasi dan alih media arsip yang ada di desa-desa.
Harapan dari kunjungan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta  memiliki informasi yang lebih jelas terkait hal yang disampaikan di atas,  baik strategi dan teknik bagaimana kegiatan dapat terlaksana dan semoga dapat mengambil praktik baik untuk selanjutnya dapat direplikasi  yang disesuaikan dengan kondisi, potensi dan sumber daya yang ada di Kota Yogyakarta. [ank]