Pentingnya Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah, DPK Selenggarakan Workshop Tenaga Perpustakaan Sekolah

Pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, dijelaskan perpustakaan sekolah/madrasah merupakan perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah/madrasah. Hal lainnya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, fungsi dan peran perpustakaan sebagai pusat pendidikan, penelitian, pelestarian, rekreasi, dan informasi. 
Dari tujuan dan fungsi perpustakaan sekolah yang luar biasa, menjadi penting diperhatikan terutama bagaimana penyelenggaraan perpustakaan sekolah dilaksanakan. Terlebih adanya amanah bahwa setiap penyelenggaraan perpustakaan wajib berpedoman pada Standar Nasional Perpustakaan seperti yang tertera pada pasal 9 ayat 2 Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Selain itu perpustakaan sekolah dituntut mampu berperan dalam mencapai keberhasilan pada pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.
    Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta yang bertanggung jawab berperan aktif dalam memajukan pengelolaan berbagai jenis perpustakaan termasuk perpustakaan sekolah melakukan beberapa upaya salah satunya melaksanakan Workshop Tenaga Perpustakaan Sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 15 November 2022 di Aula SMP N 5 Yogyakarta. Tema kegiatan tersebut “Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Mendukung Merdeka Belajar”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengelola perpustakaan  tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Kota Yogyakarta dengan total peserta 250 orang.  
Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M bertindak sebagai Keynote Speech terkait Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Pembinaan Perpustakaan Sekolah. Dalam kesempatan tersebut, Ir. Aman Yuriadijaya menyampaikan bahwa hal yang penting untuk dilakukan oleh penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah membangun ekosistem yang baik di perpustakaan, memperkuat jejaring dan pentingnya komitmen pimpinan untuk mengembangkan perpustakaan. Sedangkan narasumber kegiatan workshop yaitu Drs. Budiyono, SIP (Pustakawan Ahli Utama DPAD DIY) dan Abdul Wahid Azis, SIP (Ketua ATPUSI DIY) menyampaikan materi tentang Pentingnya Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah.
Melalui kegiatan tersebut diharapkan pengelola atau pustakawan menyadari pentingnya dan termotivasi untuk melaksanaan pengelolaan perpustakaan yang baik, mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi dan kebutuhan warga sekolah. Terlebih dengan kurikulum merdeka belajar, dimana siswa memiliki kemerdekaan untuk mencari sumber ilmu dari manapun, salah satunya di perpustakaan.[ank]