Peliputan DPK Kota Yoyakarta pada HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta sudah berlalu, rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT ke-266 Kota Yogyakarta. HUT Kota Yogyakarta pada tahun 2022 kali ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat mulai melandainya angka penyebaran covid-19 di Kota Yogyakarta, maka pada tahun ini perayaan HUT Kota Yogyakarta digelar secara offline. Pada Hut ke 266 ini Panitia HUT Kota Yogyakarta mengambil tema “sulih pulih luwih”, dalam bahwasa jawa sulih berarti berganti, pulih berati sembuh dan luwih berarti lebih. Seperti yang tercantum dalam website Pemerintah Kota Yogyakarta rangkaian acara digelar mulai dari launching logo HUT ke 266 Kota Yogyakarta, Karnaval Pelajar, hingga Launhing Mall Pelayanan Publik.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta juga turut serta dalam memeriahkan dan mensukseskan perayaan  HUT Kota Yogyakarta. Dalam kesempatanini ini Dinas Perpustakaan melaksanakan peliputan acara kegiatan HUT ke 266 Kota Yogyakarta pada acara :

  1. Sekati Ing Mall #2, Pameran UMKM dan Fashion Show on The Street. Kegiatan bertujuan memperluas jangkauan pasar UMKM, pengembangan jaringan dan meningkatkan kesempatan peluang terjadinya transaksi serta mengembangkan SDM bagi pelaku UMKM.
  2. Launching Mall Pelayanan Publik, terletak di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yoyakarta Lantai 1 yang beralamat di Jl. Kenari No 56 Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya Mal Pelayanan Publik akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik.
  3. Pembukaan Gebyar Pameran Foto dan Keris, dengan mengambil tema ‘Destinasi Wisata di Wilayah Kota Jogja’ ditampilkan 145 foto dan 20 Foto Jogja pada masa yang lalu, serta 80 keris dari Komunitas Tosan Aji Yogya.
  4. Wayang Jogja Night Carnival, dengan mengambil tajuk bertajuk wayang “Lokananta Arjuna Anugraha” dan mengambil tempat di Tugu Jogja Wayang Jogja Night Carnival merupakan night carnival dengan melibatkan 14 Kemantren dibawah Pemerintah Kota Yogyakarta menampilkan pertunjukan seni dan budaya, acara selanjutnya  dilanjutkan dengan konser musik.
  5. Malam Apresiasi, HUT ke 266 Kota Yogyakarta. Berlangsung di halaman Balaikota Yogyakarta, Pemkot Yogyakarta juga memberikan sejumlah penghargaan dan mengumumkan pemenang kompetisi dalam rangkat HUT Kota Yogykarta ke 266 Tahun.

Sebagai bentuk dukungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selanjutnya menugaskan Tim Peliputannya untuk melaksanakan peliputan kegiatan dalam rangka HUT ke 266 Kota Yogyakarta yang dilaksankan mulai 1 Oktober 2022 sampai 9 Oktober 2022 di berbagai tempat di dalam wilayah Kota Yogyakarta. Dalam peliputan ini terdiri atas 2-6 orang, adapun tujuan dari peliputan adalah sebagai sarana pendokumentasian kegiatan, penciptaan arsip foto dan video dan pelestarian budaya melalui penciptaan arsip foto atau audio video yang selanjutnya akan disimpan sebagai koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. [Zaky Achmad Baridwan]