Oktober Penuh Warna, Melukis bersama SASKIA

SASKIA (Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta) merupakan program kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dalam rangka mengajak anak-anak (khususnya pelajar SD/MI dan SMP/MTs) di Wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya untuk memanfaatkan waktu libur sekolah di Perpustakaan. Pada awalnya kegiatan Saskia berupa kegiatan mendongeng, bermain dan pemberian merchandise ke pemustaka anak. Kemudian ditahun 2022 dikembangkan menjadi kegiatan yang lebih bervariatif, berupa ragam aktivitas ketrampilan yang menyenangkan, peserta diajak praktik secara langsung. Dengan adanya Saskia, dapat menjadi daya tarik untuk menarik minat pengunjung ke perpustakaan, sebagai sarana promosi perpustakaan dan meningkatkan budaya gemar membaca.

Di bulan Oktober 2022, kegiatan Saskia diselenggarakan kembali pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 Pukul 09.00 – Selesai. Tema besar melukis, dimana secara khusus tema yang diusung yaitu Kreasi Tote Bag Lukis dan Kreasi Telenan Lukis. Kegiatan ini diikuti oleh 40 siswa SMP/MTs di wilayah Kota Yogyakarta. Adapun pelaksanaan kegiatan SASKIA, di dua lokasi yaitu di Perpustakaan Kota Yogyakarta Jl. Suroto No. 9 Kotabaru dan Perpustakaan Pevita Jl. Mayjend Sutoyo No. 32 Mantrijeron Yogyakarta.

     Dalam kegiatan Saskia kali ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta bermintra dengan Omah Kreatif Loedji 16. Dipandu oleh Amiluddin Aziz dan Santi Marlina, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Melalui kegiatan Saskia ini diharapkan dapat menjadi ruang berekspresi untuk mengembangkan hobi, kreativitas, dan wawasan anak-anak di wilayah Kota Yogyakarta.

Davina Violetta Ariansyah merupakan peserta kegiatan SASKIA merasa mendapatkan manfaat positif setelah mengikuti kegiatan. “Gak nyesel ikut SASKIA karena seru bisa menyalurkan hobby dan meningkatkan kreativitas. Sering-Sering ngadain kegiatan kaya gini ya kak”.[putri]