Nguri-Uri Budaya Jawa bersama KLARA

Kelas Literasi Aksara Jawa (KLARA) menjadi salah satu layanan berbasis budaya perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Aksara Jawa yang saat ini mulai digaungkan oleh pemerintah melalui Perda DIY Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa.

Bertempat di Ruang Rebekka perpustakaan PEVITA kota Yogyakarta Jl. Mayjend Sutoyo No. 32 Mantrijeron, kegiatan KLARA angkatan 1 dilaksanakan perdana yang diikuti oleh siswa sekolah dasar dan menengah pertama. Angkatan pertama dilaksanakan tanggal 11 Oktober-1 November 2022 setiap hari Selasa.

 Dra. Suryatmi, MM, selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dalam sambutannya menyebutkan bahwa Kelas Literasi Aksara Jawa ini sangat penting dilaksanakan oleh perpustakaan. Selain untuk menjalankan fungsi informasi dan kultural, KLARA menjadi wahana mengenalkan dan mempertahankan budaya Jawa kepada anak.

KLARA secara intensif akan dipandu oleh Bapak Sumaryanto pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Target dari kegiatan ini adalah peserta mampu menulis dan membaca teks sederhana aksara Jawa. Sumaryanto menjelaskan bahwa metode pembelajaran berbasis aktifitas yang menyenangkan, sehingga memudahkan anak dalam memahami materi. Adapun materi yang diberikan meliputi aksara nglegena, sandangan swara, sandangan panyigeg wanda, sandangan wyanja, aksara pasangan [maryanto]