Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Buku dan Budaya Membaca Pada Anak Melalui Layanan Starla

Fungsi perpustakaan diantaranya sebagai sarana pendidikan serta bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, memperluas wawasan, pengetahuan untuk mencerdaskan bangsa. Sebagaimana layanan Starla yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Layanan Starla kepanjangan dari Story Telling Anak Online Perpustakaan Kota Yogyakarta. Starla ini merupakan inovasi layanan bercerita oleh pustakawan atau pegiat literasi lainnya dengan menggunakan alat peraga seperti boneka, wayang atau materi lainnya dan ditampilkan secara online melalui Youtube Perpustakaan Kota Jogja.

Inovasi layanan ini dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta untuk menyajikan layanan yang mudah diakses terutama pada saat pandemi covid-19. Hal tersebut disebabkan selama pandemi layanan tatap muka dibatasi. Dengan demikian kreativitas dilakukan untuk mengoptimalkan layanan. Kreativitas berupa layanan bercerita tatap muka dijadikan bentuk digital menjadi bentuk audio visual dan diakses secara online.

Dengan bentuk yang lebih moden tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan layanan sekaligus menjadi daya tarik dan kelebihan tersendiri. Diantaranya dapat dilihat oleh lebih banyak orang, dapat diputar berulang-ulang, tampilan kreatif, mengandung pesan positif, dan dapat diakses dimanapun kapanpun.

Menumbuhkan kecintaan anak pada buku, meningkatkan budaya gemar membaca, memperkaya kosa kata dan melatih keterampilan berbahasa pada anak merupakan tujuan dari layanan ini.  Anak menjadi sasaran utama dalam layanan ini karena membaca harus dimulai dan dibiasakan dari usia dini agar menjadi sebuah budaya.

Upaya yang dilakukan oleh tim Starla agar layaanan ini terus menarik bagi masyarakat, dengan cara memilih tema yang beragam dari berbagai jenis cerita seperti fabel, legenda, fiksi lainnya yang diambil dari referensi buku. Untuk dapat menikmati dengan menonton tayangan pada layanan Starla, masyarakat dapat mengakses Youtube Perpustakaan Kota Jogja pada hari Sabtu pada Minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya.

Melalui layanan ini, diharapkan anak semakin meningkat minat bacanya, memperkaya literasi berbahasa, memiliki wawasan yang luas, dan dapat mencontoh pesan-pesan positif. Dengan demikian anak menjadi terbantu dalam mengatasi persoalan dalam diri dalam lingkungan sekolah, di rumah maupun lingkungan masyarakat.[anik]