Semarak Hari Kunjung perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2022

Hari Kunjung Perpustakaan diperingati secara nasional setiap tanggal 14 September. Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995, berawal dari surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 tanggal 11 Agustus 1995 kepada Presiden Soeharto. Surat tersebut berisi usulan pencanangan hari kunjung perpustakaan pada tanggal 14 September. Peringatan tersebut bertujuan untuk menanamkan pembiasaan berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan kegemaran membaca.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, sebagai instansi penyelenggara pelayanan perpustakaan, rutin menyelenggarakan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca setiap tahun. Pada tahun 2022 ini, dengan mengambil tema “Peran Perpustakaan dalam Mencerdaskan dan Memberdayakan Bangsa”, akan diselenggarakan serangkaian kegiatan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi Layanan bagi Penyandang Disabilitas

Kegiatan ini diperuntukkan bagi pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2022 di Perpustakaan PEVITA, Jl. Mayjend. Sutoyo 32A Yogyakarta.

  1. Saskia (Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta)

Kegiatan Saskia diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 September 2022 Pukul 09.00 – 11.00 WIB, dengan mengusung dua tema Kreasi Boneka Pensil dan Kreasi Bucket Snack. Kegiatan ini diikuti oleh siswa SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Kota Yogyakarta. Adapun pelaksanaan kegiatan di dua lokasi yaitu di Perpustakaan Kota Yogyakarta Jl. Suroto No. 9 Kotabaru dan Perpustakaan Pevita Jl. Mayjend Sutoyo No. 32 Mantrijeron Yogyakarta. Melalui kegiatan Saskia ini diharapkan dapat menjadi ruang berekspresi untuk mengembangkan hobi, kreativitas, dan wawasan anak-anak di wilayah Kota Yogyakarta.

  1. Talita (Wisata Pengenalan Literasi di Perpustakaan Kota Yogyakarta)

Kegiatan TALITA ditujukan bagi siswa-siswi SD/MI di Kota Yogyakarta, dan bertujuan untuk mengenalkan perpustakaan  kepada anak-anak, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan kecintaan terhadap literasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep aktivitas literasi sehingga memberikan kesan rekreasi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2022 pukul 10.30 – 12.00 WIB di Perpustakaan Kotabaru.

  1. Pameran Lapak Literasi

Sejalan dengan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang dicanangkan oleh Perpustakaan Nasional RI, perpustakaan kini menjelma menjadi pusat kegiatan yang memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kecakapan hidup dalam upaya peningkatan kesejahteraan dengan berwirausaha. Perpustakaan memberi ruang dan ragam fasilitas melalui penggalian ilmu dari buku-buku terapan yang ada di perpustakaan. Dengan demikian masyarakat akan merasakan manfaat langsung dari apa yang mereka baca. Demikian halnya dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta telah melaksanakan program tersebut, salah satunya melalui Program Literasi Terapan (LITA). Untuk mewadahi segenap potensi wilayah dan hasil karya dari kegiatan LITA, akan diselenggarakan Pameran Lapak LITA dari Kampung Baca pada 14 September 2022 pukul 08.00 – 13.00 WIB di Perpustakaan Kotabaru. Pameran ini terbuka untuk umum.

  1. Workshop Aksara Jawa Digital

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan budaya gemar membaca, menulis, dan melestarikan aksara Jawa  kepada siswa-siswi SD dan SMP di wilayah Kota Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring pada tanggal 14 September 2022 pukul 13.00 – 14.30 WIB di Perpustakaan Kotabaru.

  1. Apresiasi Pemustaka

Kegiatan ini berupa pemberian merchandise kepada masyarakat yang datang ke perpustakaan pada tanggal 14 September 2022 (kuota terbatas), lomba foto dan video, dan pemberian reward kepada pemustaka yang paling banyak meminjam buku. Pada puncak acara peringatan Hari Kunjung Perpustakaan tanggal 14 September 2022 ini nantinya pemustaka akan dimanjakan dengan panggung hiburan dan welcome drink.

Kegiatan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini diharapkan dapat menjadikan Perpustakaan Kota Yogyakarta semakin dikenal oleh masyarakat dan membawa dampak pada peningkatan literasi masyarakat, serta dapat mencerdaskan, dan memberdayakan masyarakat melalui perpustakaan. [isti]