Literasi Terapan, Sarana Masyarakat untuk Meningkatkan Potensi Diri

Peran perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat semakin diperkuat oleh Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Selain menyediakan sumber-sumber bacaan, perpustakaan juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat salah satunya adalah Literasi Terapan.

Sepertihalnya pada bulan Mei 2022. Kegiatan literasi terapan dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dengan bekerjasama dengan Kampung Baca di Kota Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan sejumlah empat kali dengan rangkaian senbagai berikut: 1) Tanggal 14 Mei 2022 dengan tema kegiatan “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Penyedia Bahan Herbal untuk Keluarga” Instruktur Ir. Rika Nalinda, MP dari Kampung Baca Suryawijayan, 2) Tanggal 21 Mei 2022 dengan tema “Pembuatan Nata De Aloevera” Instruktur Ninik Ainiyah Riwantolo dari Kampung Baca Taman, 3) Tanggal 23 Mei 2022 dengan tema “Pembuatan Minuman Herbal” Instruktur Sri Wahyuni dari Kampung Baca Gampingan, 4) Tanggal 24 Mei 2022 dengan tema “Pembuatan Sirup Markisa” Instruktur Anjar W.N dari Kampung Baca Karangwaru.

Lokasi pelaksanaan kegiatan Literasi Terapan pada pertemuan pertama di Kampung Baca Suryawijayan sedangkan kegiatan ke-2 sampai ke-4 dilaksanakan di Perpustakaan Pevita Jl. Mayjen Sutoyo No. 32 Mantrijeron. Peserta yang mengikuti kegiatan sejumlah 25 orang pada masing-masing pertemuan. Peserta yang bergabung dalam kegiatan tersebut terdiri dari komunitas masyarakat yang berasal dari kampung baca, guru, pengelola perpustakaan sekolah, wali siswa, dan masyarakat umum dari Kota Yogyakarta dan sekitar.

Selain pelatihan dari instruktur, kegiatan dikembangkan menjadi diskusi menarik, berbagi pengalaman terkait tema yang dibahas. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin mengenal Perpustakaan Kota Yogyakarta, aktif memanfaatkan sumber informasi di Perpustakaan, berkumpul dan beraktivitas dalam meningkatkan wawasan, keterampilan agar menjadi manusia yang semakin berdaya dan sejahtera.[anik]