Memperingati Hari Buku Nasional Bersama TALITA

Dalam rangka memperingati hari buku nasional, Dinas Perpustakaan Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan TALITA yang bertempat di PEVITA (Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakata) pada tanggal 17 Mei 2022. TALITA merupakan kepanjangan dari Wisata Pengenalan Literasi di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Peserta kegiatan TALITA kali ini adalah siswa/siswi dari dua SD di Kota Yogyakarta. Sesi I kegiatan Talita diikuti sebanyak 30 peserta  dari SDN Keputran A Yogyakarta pada sesi II sebanyak 28 peserta dari SDN Giwangan Yogyakarta.

Kegiatan TALITA diawali dengan pengarahan yang dipandu oleh Kak Hawa, yang kemudian peserta diajak mengenal jenis-jenis layanan dan fasilitas yang terdapat dalam perpustakaan PEVITA yang dipandu oleh kak Maryanto dan Kak Feri, lalu diajarkan pendidikan pemakai yang dilanjutkan dengan story telling yang berjudul ‘Macan Kumbang yang Adil’ oleh kak Anna dan Kak Murhayati. Pada kesempatan ini pula peserta bisa membawa pulang doorprize bagi yang bisa menjawab pertanyaan yang dipandu oleh kak Mar dan Kak Arlusi.

Kegiatan TALITA dilaksanakan untuk mendukung peningkatan minat membaca anak dan bertujuan untuk menanamkan kegiatan membaca, cinta perpustakaan, mengembangkan bakat pada anak, dan untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan imajinasi melalui perpustakaan.[ida]