Pembukaan Pelatihan Menulis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Tahun 2022

Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis merupakan suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berpikir yang teratur untuk di ungkapkan dalam sebuah tulisan. Dengan menulis seseorang dapat menuangkan segala gagasan, pemikiran, dan perasaan yang dimiliki.

Manfaat yang didapatkan dengan menulis juga sangat besar yaitu melatih keterampilan berbahasa, pengetahuan semakin luas, melatih menganalisis dan berfikir logis, kreatif untuk memunculkan ide-ide baru, meningkatkan kebiasaan membaca, memperkuat daya ingat dan lain sebagainya. 

Namun demikian, tidak banyak orang yang suka menulis. Seperti halnya membaca, menulis baru sekedar kebutuhan belum menjadi hobi. Oleh karena itu menulispun harus dibiasakan sejak dini.  Membaca dan menulis itu saling terkait, menulis dengan baik karena banyak membaca. Karena berbagai tulisan yang telah dibaca secara tidak sadar akan terekam dibawah alam sadarnya. 

Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang dilaksanakannya pelatihan menulis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Pelatihan menulis tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengasah keterampilan menulis masyarakat di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan terbagi dalam dua (2) jenis yaitu Pelatihan Menulis Jelita untuk siswa SD/MI dan Pelatihan Menulis Melisa untuk siswa SMP dan MTs di Kota Yogyakarta.

Pelatihan menulis tahun 2022 telah dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Ibu Veronica Ambar Ismuwarni, S.I.P  pada tanggal 9 Maret 2022 di Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jl. Suroto No.9 Kotabaru. Kegiatan ini dihadiri oleh instruktur pelatihan menulis Melisa yaitu Bapak Moch Mursid, instruktur pelatihan Jelita yaitu Ibu Evi Idawati, kepala sekolah, pendamping dan peserta pelatihan menulis yang mengikuti acara secara luring terbatas dan daring melalui zoom meeting sejumlah 125 peserta. 

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyampaikan pesan kepada siswa untuk mengikuti pelatihan dengan baik. Hal lainnya arahan agar dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta untuk mendukung kegiatan. Ucapan terimakasih disampaikan kepada Kepala Sekolah dan pendamping yang telah mendukung siswa didiknya untuk mengembangkan kemampuan menulis. 

Sedangkan Bapak Moch. Mursid selaku instruktur menyampaikan pesan kepada siswa tentang makna dan pentingnya menulis serta memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta yang memiliki komitmen tinggi dalam peningkatan literasi masyarakat di Kota Yogyakarta melalui program kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan pertemuan perdana pelatihan Melisa dan Jelita oleh masing-masing instruktur. [Sri Anik Lestari]