Pengolahan Arsip Foto DPRD Kodya Yogyakarta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta  khususnya Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Kearsipan  pada tanggal 9 Februari 2022 telah melaksanakan Rapat Koordinasi Kegiatan Devisi Arsip tentang Kegiatan  Pengolahan arsip Foto Tahun 2022.  

Arsiparis Sugeng Purnomo sebagai  Koordinator kegiatan pengolahan arsip foto menyampaikan tatakala kegiatan. Kegiatan pengolahan Arsip Foto akan dimulai pada bulan Februari ini dan akan mengolah foto Sekretariat DPRD Kodya Yogyakarta yang berjumlah 2890 lembar foto.

Pada tahap awal yaitu pembagian arsip foto kepada masing-masing personil dengan jumlah 145 lembar foto berserta amplop. Adapun jumlah personil yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 14 orang personil arsiparis dan 6 orang personil tenaga teknis.

Sebelum Arsip Foto yang akan diolah terlebih dahulu memperhatikan cara: Membuka album foto, mengeluarkan Foto dari album/ amplop, membersihkan foto positif, menghapus dengan kain halus yang telah di basahi dengan alkohol 70% , lakukan dengan gesekan searah.

Setelah Foto dibersihkan  dikelompokan berdasarkan tema foto/ atau judul kegiatan foto tersebut  dan apabila dalam satu kegiatan anggota DPRD tidak ada identitas atau judul kegiatan akan mendatangkan narasumber.

Pemberian nomor sementara pada Foto yang telah  di deskripsi dan  disimpan terpisah dalam amplop yang bersifat netral (pH= 7), Satu amplop berisi satu lembar foto dan Pengolahan arsip foto tersebut akan berlansung selama 11 bulan lamanya sesuai dengan tata kala yang telah di buat oleh Koordinator Kegiatan Arsip Foto. Setiap personil membuat daftar arsip foto sesuai dengan jumlah arsip foto yang kerjakan, untuk selanjutnya diserahkan ke Koordinator untuk diberi nomor definitif dan dilakukan manufer arsip foto sesuai dengan kegiatan anggota DPRD Kodya Yogyakarta. [Haeriah]